Kepala Sekolah Inovatif

Fijriah Dharmayanti

Fijriah Dharmayanti
Meski menjadi kepala sekolah menengah kejuruan (SMK) swasta, tak membuat Fijriah Dharmayanti miskin ide. Justeru sebaliknya, wanita yang akrab di sapa Efi itu dikenal sebagai kasek inovatif di Kota Tape Bondowoso.
Satu karyanya yang hingga kini masih fenomenal adalah Efi berhasil memproduksi hand sanitizer berbahan baku daun sirih. Hasil karya Efi yang dibantu tenaga pendidik dan sejumlah siswa terbaiknya di SMK Taruna Husada Bondowoso itu menjadi ikon di jajaran Pemprov Jatim dan daerah.
Menurut Efi, hand sanitizer hasil karyanya bahkan sudah diterima Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wagub Elestianto Emil Dardak dan Kadis Pendidikan Provinsi Jatim, Wahid Wahyudi. Buah dari hasil kerja kerasnya itu, juga mendapat apresiasi dari Plt Kepala Cabang Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Bondowoso, H Mahrus Syamsul dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso, Sugiono Eksantoso. “Saya akan terus mengukir prestasi. Tentunya dengan berbagai macam inovasi,” aku Efi, baru-baru ini.
Lebih jauh Efi menambahkan, berkat karya hand sanitizer itu, ia juga mengalami kebanjiran order dari berbagai kenalan dan kolega di Kabupaten Bondowoso. Terutama, urainya, saat puncak peningkatan pandemi Covid-19 melanda Tanah Air pada tahun 2020 hingga pertengahan tahun 2021 lalu. Satu persatu, ungkap Efi, ia melayani dengan sabar hingga semua permintaan terpenuhi dengan baik.
“Ya, alhamdulillah semua pemesan hand sanitizer saat itu berhasil saya kirim semuanya. Dengan sabar, saya bersama guru-guru dan siswa SMK Taruna Husada Bondowoso membuat hand sanitizer untuk di serahkan kepada pemesan,” jelas Efi.
Semua produk hand sanitizer yang ia buat, ulas Efi, tidak seluruhnya dikomersilkan kepada pembeli. Sebagian produk itu justeru ia bagi-bagikan kepada yang membutuhkan dengan gratis. Salah satunya dibagikan kepada warga tak mampu yang ada di Kabupaten Bondowoso. Ini di lakukan Efi, sebagai tindak lanjut dari pesan orang tua-nya yang memintanya untuk tidak melupakan kalangan yang kekurangan untuk dibantu.
“Saya akan terus melaksanakan pesan orang tua. Dimana saya melakukan tugas akan terus berjuang melaksanakan pesan itu. Termasuk melakukan berbagai inovasi-inovasi semua diperuntukkan bagi orang tua, lembaga sekolah dan tentunya masyarakat Bondowoso,” pungkas wanita berhijab itu. [awi]

Rate this article!
Kepala Sekolah Inovatif,5 / 5 ( 1votes )
Tags: