Kerja Bakti Bersama Warga Sooko, Bupati Ajak Stop Buang Sampah di Sungai

Bupati mojokerto Ikfina sedang memantau langsung kebersihan sampah di sepanjang bantaran sungai brangkal

Mojokerto. Bhirawa
Empat Desa di Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto yang sempat dilanda banjir bandang akibat jebolnya beberapa titik tanggul sungai Brangkal beberapa hari lalu, Minggu (7/3) menjadi sasaran pertama kunjungan Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati guna melihat kerja bakti penanganan pembangunan dan kebersihan sampah di sepanjang bantaran sungai pasca banjir.

Ke empat Desa tersebut Desa Sambiroto. Desa Jampirogo. Desa Brangkal dan Desa Japan. Dalam sidak kali ini bupati Mojokerto. Ikfina Fahmawati didampingi Sekdakab Didik Chusnul Yakin, OPD, Forkopimca, dalam arahannya mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan, terutama dalam membuang sampah agar tidak sembarangan.

“Apalagi di buang ke sungai maka akibatnya aliran sungai menjadi terhambat dan berakibat Banjir. Jika banjir sudah melanda maka tidak hanya menggenangi permukiman warga, tapi juga menghambat jalannya aktivitas mata pencaharian warga,” jelas Bupati.

Lebih lanjut Ikfina menambahkan, menindak lanjuti dari berbagai laporan di lapangan, kami mengajak OPD terkait untuk bergerak cepat melaksanakan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Provinsi Jawa Timur untuk aksi penanganan.

Disamping itu kami tekankan pada seluruh masyarakat, untuk ikut berperan menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah di sungai. Selain menyebabkan banjir, sampah dapat mengganggu ekosistem dan mempengaruhi suplai ketersediaan sumber air bersih.

“Sekali lagi ,Saya minta semuanya dikoordinasikan, terutama dengan tim BBWS Provinsi Jawa Timur. Kita harus gerak cepat untuk penanganan ini. Kebersihan lingkungan juga menjadi kunci penting. Saya mengajak semuanya untuk tidak buang sampah sembarangan apalagi di sungai,” tegas Bupati Ikfina.

Pantauan di lapangan pada kerja bakti bersama kali ini, beberapa desa terdampak banjir dan longsor sepanjang aliran sungai, mendapatkan bantuan 9.000 karung glangsing dari BPBD Kabupaten Mojokerto.(min)

Tags: