Ketua KPU RI Arief Budiman Resmikan RPP Nasional di Kota Batu

Ketua KPU RI Arief Budiman memukul gong tanda peremian RPP Nasional di Kota Batu, Jumat (24/1).

Kota Batu,Bhirawa
KPU RI berupaya memberikan pendidikan demokrasi secara berkelanjutan kepada masyarakat. Hal ini direalisasikan dengan mendirikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional. RPP yang didirikan di Jatim Park 1 Kota Batu ini sekaligus menjadi Wisata Demokrasi bagi masyarakat. Jumat (24/1), RPP Nasional ini diresmikan langsung oleh Ketua KPU RI, Arif Budiman.
Dalam laporannya, Ketua KPU Kota Batu, Mardiono mengatakan bahwa keberadaan RPP sebagai sebuah wahana wisata ini bertujuan untuk memberikan edukasi seputar kepemiluan, demokrasi, serta politik. “Diharapkan dengan adanya Rumah Pintar Pemilu Nasional ini akan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti pemilu dan mencerdaskan masyarakat dalam berdemokrasi,”ujar Mardiono.
Ia menjelaskan bahwa RPPN di Kota Batu ini merupakan satu-satunya di Indonesia yang bekerja sama antara KPU dengan pihak swasta, dalam hal ini perusahaan pariwisata. Di dalam wahana ini terdapat edukasi kepemiluan yang dikemas modern dalam bentuk audio visual, perpustakaan mini zona hoaks, ruang simulasi, dan beberapa fasilitas lain.
Adapun Ketua KPU RI Arief Budiman mengungkapkan bahwa RPPN Kota Batu ini merupakan ketiga kalinya dibangun setelah RPPN di Kantor PU RI dan RPPN di Yogyakarta. Selain itu Arief Budiman juga mengapresiasi sekaligus terpukau dengan respon masyarakat terhadap RPPN di Kota Batu ini. “Bagaimana tidak, karena info dari pihak Jatim Park1 bahwa pada saat soft opening hingga akir tahun, wahana RPPN ini sudah didatangi sekitar 13.000 pengunjung. Ini sangat hebat sekali. Tingkat kunjungannya melebihi RPPN yang ada di Jogja,” ujar Arief dalam sambutannya.
Sebenarnya, lanjut Arief, keberadaan rumah pintar pemilu juga ada di Kantor KPU yang ada di 514 Kota/Kabupaten dan 34 Provinsi se- Indonesia. Saat ini tercatat sebanyak 549 rumah pintar pemilu yang tersebar di kantor KPU yang berada di Kota/ Kabupaten tersebut. Akan tetapi, untuk tingkat Nasional, RPP di Batu ini merupakan yang ketiga kalinya. “Rencananya, KPU RI juga akan mendirikan lagi RPP Nasional di daerah Minahasa, Sulawesi Utara,”tambah Arief.
Sementara, Komisioner KPU Batu Divisi SDM dan Peranan Masyarakat Sosialisasi dan Pendidikan, Marlina S.p M.Si, menjelaskan bahwa pada tahun 2017, KPU Kota Batu sudah membangun rintisan RPP di kantor KPU. Namun keberadaan RPP tersebut tidak secanggih RPP Nasional yang sudah dibangun di Jatim Park 1 ini. Karena semua data di RPPN sudah terimput digital serta sarana prasarana digital seperti layar touch screen dengan visualisasi yang modern.
“Pembangunan RPPN di Kota Batu ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 400 juta yang bersumber dari APBN tahun 2019,”ujar Marlina. Adapun RPPN ini menggunakan tiga ruangan dengan luas keseluruhan 57 m2. Di antaranya ruang visualisasi yang berisikan laptop touchscreen agar digunakan untuk mengisi kuesioner oleh pengunjung.
Kemudian di ruang kedua digunakan sebagai ruang simulasi. Di ruangan ini disediakan TPS kecil berdasarkan urutan seperti pada TPS pada umumnya saat digelar Pemilu. Dan di ruangan terakhir digunakan ruang diskusi dan edukasi, dimana di ruangan itu disediakan trainer, buletin, buku, dan jurnal-jurnal.(nas)

Tags: