Ketua Mabicab dan Pengurus Kwarcab Pramuka Kota Probolinggo Dilantik

Ketua Mabicab Habib Hadi saat dilantik. [wiwit agus pribadi]

Probolinggo, Bhirawa
Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin dan Wakil Wali (Wawali) Kota Probolinggo, Mochammad Soufis Subri, menghadiri dan memberikan pengarahan pada Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Probolinggo Masa Bakti 2019-2024 dan Pengurus Kwartir Cabang, serta Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Kota Probooinggo Masa Bakti 2020 – 2025, di Gedung Puri Manggala Bhakti, kantor Pemkot Probolinggo, Kamis (5/11).
Pelantikan dipimpin Plt Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur Purmadi, terhadap Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin selaku Ketua Mabicab dan Wawali Kota Mochammad Soufis Subri yang juga sebagai Waka Mabicab Gerakan Pramuka Kota Probolinggo. Turut didampingi Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Probolinggo, M Maskur.
Ketua Mabicab Habib Hadi menyambut gembira dan mengucapkan selamat kepada pengurus yang dilantik. Selamat atas terlaksananya pelantikan ini, karena selain kepengurusan yang dilantik merupakan hasil musyawarah cabang yang bermusyawarah secara mufakat, juga sebagai titik awal pelaksanaan tugas dari pengurusan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Probolinggo masa bakti 2020-2025,” ucapnya.
Pada kesempatan ini Habib Hadi juga berpesan kepada para pengurus yang baru dilantik agar senantiasa melaksanakan amanah dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. ”Alhamdulillah pada hari ini, Mabicab dan Kwarcab, serta LPK Pramuka sudah dilantik. Maka sesuai dengan yang disampaikan tadi. Janji dan ikrar yang sudah diucapkan tinggal melaksanakan dengan sebaik-baiknya.
“Semoga sukses dan dapat menjalanan amanah yang diberikan. Semoga momentum pengukuhan dan pelantikan pengurus ini, memberikan semangat baru sekaligus mengingatkan kembali tugas dan tanggungjawab kita bersama terhadap kemajuan Gerakan Pramuka di Kota Probolinggo,” harapnya.
Saat ini, lanjutnya, Gerakan Pramuka bukan hanya sekedar organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak – anak dan remaja, namun sudah merambah ke misi sosial dengan aktif melaksanakan berbagai kegiatan sosial, bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat.
“Ini sejalan dengan kehormatan gerakan pramuka, berupa Dwi Satya dan Tri Satya serta Dwi Darma maupun Dasa Darma Pramuka. Yang bagian utamanya adalah menekankan kepada para Pramuka agar dapat menolong sesama dan ikut serta membangun masyarakat,” katanya.
Sementara itu, Plt Ketua Kwarda Purmadi menyampaikan, gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik.
“Kami percaya, Mabicab dan Kwarcab Kota Probolinggo akan menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Sehingga gerakan pramuka Kota Probolinggo akan semakin maju dan berkembang,” ujarnya.
Seperti diketahui, gerakan Pramuka merupakan mitra perpanjangan tangan pemerintah yang berperan membangun dan membina watak, mental serta karakter generasi muda, dan sejauh ini tetap konsisten dan fokus untuk mewujudkan hal itu.
Gerakan Pramuka pada jalur pendidikan non formal merupakan bagian tak terpisahkan dari sistem pendidikan. Kesinambungan gerakan kepanduan nasional Indonesia pada masa lampau. Tujuannya menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, memiliki kecerdasan dan ketrampilan yang tinggi, sehat jasmaninya serta bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. [wap]

Tags: