KH Wahab Hasbullah Sandang Gelar Pahlawan Nasional

KH Wahab Hasbullah

KH Wahab Hasbullah

Jombang, Bhirawa
KH Wahab Hasbullah yang dikenal sebagai salah satu pendiri dan penggerak Jamiah Nahdlatul Ulama resmi dinobatkan sebagai Pahlawan nasional. Kepastian penganugerahan gelar Pahlawan ini diterima Keluarga, Kamis (7/11) siang keamrin.
“Betul, kami dari keluarga KH Wahab Hasbullah mendapat undangan resmi untuk hadir di Istana Negara, besuk (hari ini, jumat) jam 13.00 WIB,”ujar Hj Mundjidah Wahab salah satu putri KH Wahab Hasbullah, Kamis (6/11) kemarin.
Sesuai dengan undangan dari Kementrian Sosial, dari pihak keluarga sebanyak 2 orang yang resmi menghadiri penganugerahan pahlawan nasional kepada tokoh yang dikenal sangat dekat dengan presiden pertama RI, Ir Soekarno ini.” Resminya yang mewakili keluarga dua orang, namun semuanya putranya insyaallah ikut hadir.,” sela Mundjidah yang juga Wakil Bupati Jombang ini menambahkan.
Sebagai salah satu putri KH Wahab, mantan ketua Muslimat NU ini sangat bersyukur gelar pahlawan nasional akhirnya resmi diberikan pemerintah Indonesia. Karena KH Wahab Hasbullah merupakan ulama pesantren yang dikenal sebagai pejuang sejak sebelum kemerdakaan. “Tidak hanya  mengobarkan semangat kebangsaan dalam mengusir penjajah, namun dikancah internasional KH Wahab juga adalah pejuang,”imbuhnya seraya menceritakan perjuangannya melakukan lobi diplomasi politik agar makam Rosulullah Muhammad tidak dibongkar oleh penguasa arab hingga saat ini.
Sementara itu, menyambut gelar Pahlawan Nasional KH Wahab Hasbullah, puluhan santri PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas Jombang menggelar doa bersama di makam KH Wahab Chasbullah, Kamis (6/11). Hal itu sebagai bentuk syukur atas anugerah gelar pahlawan dari pemerintah terhadap KH Wahab yang notebene salah satu tokoh pendiri NU (Nahdlatul Ulama).
Doa bersama itu dipimpin oleh pengasuh PPBU, KH Hasib Wahab atau Gus Hasib. Selain itu juga dihadiri Wabup Jombang Hj Mundjidah Wahab. Dua orang tersebut merupakan putra dari tokoh pendiri NU, Kiai Wahab Chasbullah. “Kita bersyukur atas penganugerahan Kiai Wahab menjadi pahlawan nasional, semoga bisa menjadi teladan bagi santri bahwa dari kalangan pesantren banyak yang menjadi tokoh nasional,” pungkas Mundjidah sesaat sebelum doa bersama dimulai. [rur]

Tags: