KHL Rendah, UMK Kota Batu Tak Bergeming

Saat ini hasil perhitungan kebutuhan hidup layak (KHL) Kota Batu masih jauh berada di bawah UMK yang berlaku di kota ini.

Kota Batu,Bhirawa
Pemprov Jawa Timur telah menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021 sebesar 5,5 persen atau naik sebesar Rp 100 ribu. Namun UMK Kota Batu tetap tak bergeming atau tetap bertahan di angka yang sama seperti tahun lalu. Hal ini dilatarbelakangi dengan perhitungan angka KHL Kota Batu tahun ini yang masih lebih rendah dibanding UMK yang berlaku.

Dari survey 64 indikator Kebutuhan Hidup Layak (KHL) ditemukan nilai KHL Kota Batu berada di angka Rp 2,2 juta. Padahal Upah Minimum Kota (UMK) yang berlaku di Kota Batu sebesar Rp 2,7 juta. Artinya, seharusnya UMK Kota Batu justru harus turun untuk menyesuaikan dengan KHL.

“Tapi setelah dilakukan pembahasan bersama, dari pada turun dan membuat gejolak pada masyarakat akhirnya UMK Kota Batu diputuskan tidak ada perubahan atau sama dengan tahun sebelumnya,” ujar Kabid Hubungan Industrial dan Tenaga Kerja DPMPTSP-TK Kota Batu, Adiek Imam Santoso, Senin (2/11).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa langkah yang diambil Pemkot Batu ini mengacu pada ketentuan yang diberlakukan oleh Pemerintah Pusat. Sesuai Permenaker No 18 tahun 2020 menyebutkan, ada 64 indikator untuk perhitungan KHL. Dan hasil penghitungan KHL di Kota Batu Rp 2,2 juta. Sedangkan untuk UMK Kota Batu tahun 2019 Rp 2,7 juta. Artinya UMK yang berlaku saat ini masih lebih tinggi dari perhitungan KHL.

“Pada tahun 2018 lalu, UMK Kota Batu sebesar Rp2.384.168. Kemudian pada tahun 2019 naik menjadi Rp 2.575.616, dan tahun 2020 naik lagi menjadi Rp 2.794.801. Dan di tahun 2021 angka UMK tetap pada Rp 2.794.801,”jelas Adiek.

Ia juga menerangkan bahwa Bidang Ketenagakerjaan bertugas sebagai fasilitator yang membantu Dewan Pengupahan dalam menentukan besaran upah. Iapun berharap bahwa serikat pekerja dan Apindo bisa sama-sama mencapai kesepakatan terkait besaran UMK ini.

Terpisah, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Batu tetap akan meminta kenaikan UMK pada tahun 2021. Ketua SPSI Kota Batu, Purtomo menyatakan telah mengajukan kenaikan UMK Kota Batu tahun 2021 sebesar Rp 600 ribu kepada Pemerintah Pusat.

“Pengajuan kenaikan UMK ini kita lakukan untuk memenuhi hak para pekerja. Sekarang kami masih menunggu jawaban secara tertulis atas pengajuan kami,” ujar Purtomo.(nas)

Tags: