Khofifah Dorong AMSI Jatim Jadi Penggerak Pemberantasan Berita Bohong

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat membuka Konferwil 2 AMSI Jatim yang diselenggarakan di hotel Ciptaning Ati Kota Batu, Sabtu (24/10).

Kota Batu,Bhirawa
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi sekaligus mendukung semangat yang dimiliki para kader Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jatim. Gubernur menganggap semangat AMSI Jatim sangat tepat untuk menjaga persatuan Bangsa, dan sangat relevan dengan semangat Sumpah Pemuda yang akan segera diperingati di negeri ini. Hal ini ditegaskan gubernur saat membuka Konferwil 2 AMSI Jatim yang diselenggarakan di Kota Batu, Sabtu (24/10).

Khofifah mengatakan tema yang diusung dalam Konferwil 2 AMSI Jatim sangat relevan menjelang peringatan Sumpah Pemuda. Semangat Sumpah Pemuda bisa memanggil memori kolektif seluruh bangsa untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Namun di masa era digital ini banyak bermunculan konten yang mengusung berita bohong dan ujaran kebencian.

“Adanya berita bohong dan ujaran kebencian akan membuyarkan persatuan dan kesatuan yang diserukan dalam momen Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada 1928 silam. Dan kalau tidak dirajut kembali, ujaran kebencian akan membuyarkan persatuan,”ujar Kofifah, Sabtu (24/10). Karena itu gubernur mendukung penuh pesan persatuan dan kesatuan yang disampaikan Ketua AMSI Pusat di Konferwil 2 Jatim ini.

Gubernur juga mendorong agar konferwil AMSI yang digelar di Kota Batu ini juga menyusun rumusan memproduksi konten berita yang sehat. Momentum ini sangat positif untuk mengikat rasa persatuan dengan konten berita sehat melalui peran AMSI. Apalagi indeks demokrasi Indonesia dipengaruhi oleh pemberitaan media massa lokal sebagai salah satu variabel penilaian.

“AMSI perlu mendorong BPS Pusat, agar industri media massa digital bisa masuk sebagai parameter dalam mengukur indeks demokrasi. Konten berita yang sehat, media yang kuat, industri yang hebat maka demokrasi akan berkualitas,” ajak Khofifah.

Diketahui, Konferwil 2 AMSI Jawa Timur di Kota Batu digelar di hotel Ciptaning Ati Kota Batu pada 24-25 Oktober 2020. Dalam giat ini mereka mengusung tema ‘Konten Sehat, Media Kuat, Industri Hebat’. Ketua AMSI Jawa Timur, Arief Rahman mengatakan bahwa saat ini industri media massa tenga diuji daya tahannya dengan adanya pandemi covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya.

Dalam menghadapi situsasi ini, AMSI mengajak untuk mengutamakan kesetikawanan sosial, dan bukan lagi saling berkompetisi. Dibutuhkan kolaborasi sebagai kunci agar terlepas dari dampak pandemi yang tengah mengguncang aspek kesehatan dan perekonomian.

“Berkaca pada negara-negara Eropa yang berkolaborasi saat flu Spanyol. Terinspirasi dari pola seperti itu, media massa perlu berkolaborasi tanpa harus menegasikan daya kritiknya dan independensi,” kata Arief.

Adapun bentuk kolaborasi itu diwujudkan dengan memproduksi konten berita yang sehat, serta melawan terhadap berita bohong dan ujaran kebencian.

“Konten positif harus diproduksi dan akan bernilai efektif untuk memunculkan kesadaran dan partisipasi di masyarakat. Inilah tugas media dimana AMSI juga berada dan bekerja di situ,” pungkas Arief.(nas)

Tags: