Ki Anom Suroto Dalang Pagelaran Wayang Kulit di Pendopo Kabupaten

Joko Supriyadi

Sidoarjo, Bhirawa
Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Tumuruning Wahyu Keprabon akan digelar Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sidoarjo, pada Jumat malam (21/2) mendatang. Gelaran Wayang Kulit ini untuk memperingati hari jadi Kabupaten Sidoarjo ke-161 tahun 2020.
Kepala Disporapar Kab Sidoarjo, Drs Joko Supriyadi mengatakan, dalam acara yang tiap tahun selalu digelar ini, bakal menghadirkan dalang kondang level Nasional Ki Anom Suroto dari Kota Solo.
“Seperti biasa tempatnya di halaman Delta Wibawa Kab Sidoarjo. Monggo masyarakat Sidoarjo hadir menyaksikan,” kata Joko, Senin (10/2) kemarin.
Pagelaran Wayang Kulit yang akan dimulai pada pukul 20.00 WIB juga akan diramaikan dengan bintang tamu Gareng Semarang. Menurut Joko, pagelaran wayang kulit tiap tahun selalu digelar dalam memperingati hari jadi Kabupaten Sidoarjo. Pertimbangannya jelas karena ikut melestarikan warisan budaya.
Dalam pagelaran wayang kulit kali ini, panitia sengaja memilih judul Tumuruning Wahyu Keprabon, dikarenakan sesuai dengan kondisi yang sedang akan dihadapi Kabupaten Sidoarjo, yakni akan mencari pemimpin baru dalam pelaksanaan Pilbup Sidoarjo tahun 2020.
Lewat sarana pagelaran wayang kulit, semoga bisa ada inspirasi positip bagi masyarakat Sidoarjo dalam memilih pemimpinnya nanti. Yakni yang bijaksana dan bisa memberi solusi untuk tiap masalah yang dihadapi masyarakatnya.
Joko mengatakan panitia memilih dalang Ki Anom Suroto yang sudah berusia 72 tahun itu, karena dianggap senior, kondang, jam terbangnya tinggi dan penggemarnya banyak. ”Semoga masyarakat Sidoarjo menjadi terhibur, dan bisa mengambil inti sari dari cerita pagelaran wayang kulit itu,” katanya.
Kab Sidoarjo masih ada dalang Wayang Kulit. Mulai usia muda yang masih duduk di bangku SD sampai usia tua, berumur 80 tahun. Jumlah keseluruhannya ada 50 orang dalang. Dari 50 dalang itu, kata Joko, ada yang aktif tampil juga ada yang tidak aktif tampil. Untuk memberdayakan dalang lokal itu, pihaknya tiap tahun dalam acara ruwat desa memberi kesempatan para dalang muda untuk tampil. [kus]

Tags: