KI Jatim Evaluasi Layanan Informasi SKPD

Komisi Informasi jatimPemprov Jatim, Bhirawa
Komisi Informasi(KI) provinsi jatim akan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) layanan informasi public pada  Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Jatim dan kabupaten/kota.
Kegiatan monev ini juga akan dibarengi dengan  pemeringkatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID, rencananya dilaksanakan mulai 8 September 2015. Setidaknya 59 SKPD Pemprov dan 38 kab/kota se-Jatim akan didatangi KI Jatim.
“Melalui monev, masyarakat akan tahu, siapa yang terbuka dan taat terhadap Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Ini sekaligus untuk mendorong Badan Publik agar terus meningkatkan kualitas layanan informasinya,” kata Ketua KI Jatim, Ketty Tri Setyorini, dikonfirmasi, Senin (7/9).
Tahun lalu, lanjut Ketty, badan publik yang telah mendapat penghargaan transparansi anggaran, antara lain Dinas Kesehatan Jatim, Pemerintah Kota Blitar dan Pemerintah Kabupaten Malang. Sedangkan penghargaan PPID Terbaik secara umum atau tingkat SKPD, yakni Dinas Kesehatan (87,93), Dinas Sosial (77,50), Kantor Perwakilan (68,04). Untuk tingkat kota yakni Kota Surabaya (84,20), Kota Malang (82,95), dan Kota Blitar (75,76). Sedangkan tingkat Kabupaten yakni Kabupaten Blitar (88,54), Kabupaten Malang (71,85), dan Kabupaten Banyuwangi (66,47).
Dikatakan Ketty, pelaksanaan Monev merupakan implementasi fungsi Komisi Informasi dalam menjalankan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain itu monev juga merupakan bentuk pelaksanaan kewenangan Komisi Informasi yang diatur Pasal 37 Peraturan Komisi Informasi No. 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik (Perki SLIP).
“Terkait pemeringkatan, hal ini untuk menumbuhkan semangat PPID agar mampu bersaing dalam memperbaiki layanan informasi publiknya,” ujarnya.
Monev dan Pemeringkatan PPID tahun ini akan melalui beberapa tahapan pertama, pemantauan website (8-18 Sep), kedua penyampaian hasil sementara (28-30 Sep), ketiga layanan masa sanggah (1-9 Okt), keempat visitasi (20 Okt – 13 Nop), kelima rekapitulasi,  dan terakhir PPID Award/Pengumuman hasil (Desember).
“Saat ini, kami sedang mengirimkan pemberitahuan kepada seluruh Badan Publik SKPD dan Kab/Kota untuk mempersiapkan diri. Berkenaan dengan hal tersebut Badan Publik diharap mengirim alamat Website, Email, No. Telpon dan Fax PPID-nya ke Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur melalui email monevppid@gmail.com paling lambat Rabu tanggal 10 September 2015,” tutur Ketty.
Terkait  objek penilaian website, yakni menyangkut Informasi Berkala yang terdiri dari informasi mengenai Profil Badan Publik, informasi mengenai Kegiatan dan Kinerja Badan Publik, Informasi mengenai Laporan Keuangan, dan Informasi lain yang diatur perundangan. Sedangkan objek penilaian dalam visitasi, antara lain tersedia tidaknya informasi setiap saat yaitu informasi yang tersedia di meja layanan informasi. [iib]

Tags: