KIM Cegah Disinformasi antara Masyarakat dan Pemerintah

Pemaparan lomba KIM di NCC Pemkot Malang.

Kota Malang, Bhirawa
Wali kota Malang, Drs. H. Sutiaji menjadi juri kehormatan pada acara Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Award 2020, Kamis (5/11) kemarin. Bertempat di Ngalam Command Center (NCC) Dewan juri menilai KIM kelurahan yang telah lolos 5 besar penilaian. KIM tersebut antara lain adalah KIM Tlogomas, KIM Lowokwaru, KIM Penanggungan, KIM Sukun dan KIM Parseh Jaya/Bumiayu.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan lembaga komunikasi perdesaan yang dibentuk oleh, dari dan untuk masyarakat secara mandiri serta kreatif yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.

Wali kota Sutiaji juga menyampaikan saran terkait Sinergitas antara KIM dan kelurahan. “Respon, ketika ada informasi keluhan dari masyarakat. Respon cepat dari kelurahan, ini amat sangat membantu berkaitan dengan eksistensi KIM. Jadi nanti KIM tidak hanya jadi simbol doang, tapi akan mempunyai eksistensi disaat ada keluhan, langsung direspon ” ujarnya.

KIM dari masyarakat bagaimana ketangguhan informasi jadi seluruh dokumen pembangunan dan perencanaan harus masuk dan disampaikan kepada masyarakat melalui KIM itu.

“Karena masyarakat fungsianya dia memediasi atau menjadi katalisator dari program pemerintah tapi dia juga menjadi katalisator dari apa yg menjadi keluhan masyarakat” ujar alumni IAIN Malang tersebut. [mut]

Tags: