KIM Melati Sidoarjo Juara I LCCK

5-kaki-1Sidoarjo, Bhirawa
Setelah berhasil mengembangkan ekonomi kreatif, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Melati, Desa Siwalanpanji, Kec Buduran, Kab Sidoarjo terhasil meraih prestasi yang gemilang, yakni menjadi juara pertama Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) 2014 se Bakorwil Pamekasan.
Ketua Panitia LCCK sekaligus Kepala Bidang Jaringan Komunikasi Diskominfo Jatim, Ambar Sulistyorini menjelaskan Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) tingkat Bakorwil Pamekasan ini salah satu rangkaian kegiatan Pekan KIM, nantinya pemenang tingkat Bakorwil berhak maju ke Grand Final LCCK Jatim 2015 yang rencananya juga akan dilaksanakan di Nganjuk.
Kepala Dinas Kominfo Jatim, Harjogi dalam sambutannya saat Pembukaan  Grand Final LCCK tingkat Bakorwil Pamekasan, akhir pekan kemarin mengatakan, KIM merupakan revitalisasi dari keberadaan Kelompencapir di era masa lalu. Di era reformasi seperti saat ini KIM memiliki tugas mulia dalam memberikan informasi timbal balik dari pemerintah kepada masyarakat maupun sebaliknya.
LCCK 2014 dilaksanakan untuk mengukur kompetensi dan kognisi anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pamekasan, agar dapat  menyampaikan informasi dan berkomunikasi secara efektif kepada masyarakat. Saat ini,  infomasi sudah menjadi kebutuhan untuk masyarakat. Keterbukaan informasi juga menghendaki demikian.
”Maka kreativitas KIM sangat dibutuhkan dalam mengolah infomasi terkait potensi, atau produk daerah dengan menggunakan berbagai media yang ada,” katanya.
Pembina KIM Melati Sidoarjo, Muhammad Rofik SSos mengatakan, timnya telah melakukan presentasi dihadapan para juri yang terakhir kali. Bentuknya telah memanfaatkan blog untuk  membantu pemasaran UKM di sekitar lingkungannya. Dengan produk unggulan konveksi, asesoris dari limbah, konveksi juga yang mampu menyerap banyak tenaga kerja, dan telah melakukan kerjasama dengan PKK dan PNPM Mandiri setempat untuk melakukan pembinaan. ”Selain itu juga menggandeng kelompok pengajian di lingkungan KIM, serta koperasi Mekarsari,” katanya.
Untuk KIM Melati yang di bawah pembinaan Pengelolaan Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M) di Bagian Humas dan Protokol Setdakab. Sidoarjo mendapatkan nilai plus dari Tim Dewan Juri. Karena aktivitas UKM di bawah naungan KIM melati mampu menyerap banyak tenaga kerja di lingkungan sekitarnya. ”Serta telah mengembangkan ekonomi kreatif dengan menggandeng pihak-pihak lain, untuk meningkatkan perekonomian,” ujar M Rofik.
Juara I diraih KIM Melati dari Kab Sidoarjo dengan perolehan nilai 683,3, juara II KIM Kamboja dari Pamekasan dengan perolehan nilai 664,8, juara III dari KIM Suara Guna dari Kota Surabaya dengan perolehan nilai 651,5 dan juara Harapan I KIM Teratai Putih dari Sampang dengan perolehan nilai 579,2. [ach]

Keterangan Foto : Pengurus KIM Melati saat melakukan presentasi di depan dewan juri. [achmad suprayogi/bhirawa]

Rate this article!
Tags: