Kiprah MKKS SMA Swasta Memajukan SDM Guru se-Bondowoso

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Cabang Bondowoso, Drs Mahrus Syamsul M.MPd, bersama ketua panitia Hosni SAg dan para kepala sekolah SMA swasta, serta dua pembicara saat pembukaan Bimtek penulisan buku. [sawawi]

Undang Kacabdindik dan Pemateri, Kembangkan KBM Melalui Bimtek
Bondowoso, Bhirawa
Banyak cara dan strategi setiap lembaga pendidikan atau gabungan lembaga pendidikan di Tanah Air dalam memajukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pendidikan. Diantaranya, dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Swasta Kabupaten Bondowoso dengan menggelar kegiatan Bimbingan Tehnis (bimtek) penulisan buku.
Bimtek digelar di auditorium SMA Miftahul Ulum Bondowoso. Dengan metode ini diharapkan guru bisa mengembangkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bersama anak didik di kelas.
Bimtek dibuka Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdindik) Provinsi Jatim Wilayah Bondowoso, Drs Mahrus Syamsul MMPd, dengan diampingi seluruh Kepala Sekolah SMA Swasta se-Kabupaten Bondowoso. Ketua Panitia, Hosni SAg itu juga menghadirkan dua pemateri handal dibidang penulisan buku yakni Muhammad Hairul SPd MPd dan Suntusia SPd MPd.
Kacabdindik Provinsi Jatim Cabang Bondowoso, Mahrus Syamsul menegaskan, penyelengaraan Bimtek penulisan buku sangat penting dan urgen, karena kini sudah memasuki era digital. Penguasaan ilmu penulisan buku ini, ujar mantan Kepala Sekolah SMAN 1 Prajekan Bondowoso, merupakan terobosan baru bagi setiap sekolah, diantaranya SMA Swasta yang ada di Kabupaten Bondowoso.
“Selain pendidik SMAN Negeri, para pendidik SMA Swasta juga dituntut menguasai cara penulisan buku,” ungkap Mahrus.
Disisi lain, Ketua MKKS SMA Swasta Kabupaten Bondowoso, Hosni mengatakan, pihaknya berterimaksih dan sangat mengapresiasi adanya suport dari Kepala Cabang Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Bondowoso, Mahrus Syamsul atas terselenggaranya Bimtek. ”Bimtek penulisan buku ini memang agenda dari MKKS SMA Swasta Kabupaten Bondowoso. Tujuannya untuk meningkatkan kualiats SDM para guru yang ada di SMA Swasta seluruh Kabupaten Bondowoso,” ujar Hosni.
Hosni menambahkan, banyak topik dan bahasan yang disampaikan dua pemateri yang notabene ahli dalam bidang penulisan buku. Diantaranya, semua peserta Bimtek diajari cara atau metode penulisan buku, serta dasar dasar penulisan buku. Tak hanya itu semua peserta juga diberi soal dasar – dasar penerbitan buku. Para peserta juga diajari cara yang baik dan sistematis dalam merangkum penulisan sebuah buku.

Kuasai Ilmu Pengetahuan Melalui Penulisan Buku
Program peningkatan SDM guru yang ada di lembaga pendidikan SMA Swasta se-Kabupaten Bondowoso patut berterimakasih kepada MKKS SMA Swasta Kabupaten Bondowoso. Pasalnya, dengan bimtek yang dihelat MKKS SMA Swasta Kabupaten Bondowoso itu memiliki tujuan mulia. Diantaranya, melatih kalangan guru SMA agar bisa melek tehnologi dengan cara melatih penulisan buku yang baik dan sistematis.
Kepala MKKS SMA Swasta Kabupaten Bondowoso, Hosni SAg menambahkan, usai menerima paparan ilmu teori dari dua pembicara, para peserta Bimtek langsung mengikuti rangkaian praktek menulis buku. Seluruh peserta mendapatkan pendampingan dan bantuan secara intensif soal tata cara penulisan buku dari dua pemateri.
Dalam bimtek ini, tutur Hosni, peserta diberi praktek menulis kilat tingkat 1 hingga praktek menulis kilat tingkat 10. ”Ya benar, ada 10 tingkatan saat praktek menulis buku secara kilat. Alhamdulillah semua peserta cepat memahami,” terang Hosni.
Salah satu pembedah, Suntusia SPd MPd mengakui, dalam Bimtek penulisan buku yang digagas MKKS SMA Swasta Kabupaten Bondowoso memiliki banyak keuntungan karena semua peserta selain tekun, juga tampak antusias saat mengikuti rangkaian bimtek yang diadakan pada awal tahun 2020 ini.
“Kami ikut bangga dengan kegiatan ini. Sebab, guru guru yang ada di lingkungan SMA Swasta Kabupaten Bondowoso tampak piawai dalam menulis buku,” pungkasnya. [awi]

Tags: