Kirim 28 Atlet, TI Jatim Incar Empat Emas Kejurnas

Surabaya, Bhirawa
Ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) menjadi satu-satunya peluang bagi cabang olahraga (Cabor) Taekwondo untuk bisa masuk Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Jatim 2015. Sebab para atlet bisa meraih medali emas di kejuaraan yang digelar di Bandung 1-4 Mei itu.
Agar bisa masuk Puslatda, para pengurus Taekwondo Indonesia (TI) Jatim menargetkan para atlet untuk bisa meraih minimal empat emas. Untuk bisa merealisasikannya pengurus mengirimkan 28 atlet yang terdiri dari 9 atlet junior dan 15 senior. “Keikutsertaan atlet Jatim terutama yunior, untuk melihat prestasinya di event nasional,” kata Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) TI Jatim, Stevanus Sumartono, Kamis (1/4).
Dari sembilan atlet junior dan lima belas senior, empat yang ditargetkan meraih emas. Diantaranya, di nomor senior putra 74 kg, atas nama Irwan Wahyudi, kelas 59 senior putri atas nama Warakepti, kelas 59 kg yunior putra dan kelas 48 kg yunior putra atas nama Galang Arianto. Menurutnya, pesaing terberat Jawa Timur adalah Jateng, Kalimantan Timur, Aceh dan Jawa Barat.
Selama ini Cabor Taekwondo belum masuk Puslatda dan masih dalam program binaan khusus (binsus) dibawah langsung pengawasan KONI Jatim. “Kami harus bisa meraih emas untuk bisa masuk Puslatda,” tegas Stevanus.
Stevanus menambahkan, jika kejurnas yang sama tahun lalu, Jawa Timur hanya mendulang 1 perak dan 1 perunggu, atas nama Catur di nomor kelas under 73 kg putra dan Agung Yulianto, di kelas over 74 kg putra. “Harapan kami tahun kita bisa raih empat emas,”  tutupnya.
Sebelumnya, Head of Team Kontingen TI Jawa Timur 2014, M Yusuf mengatakan, keikutsertaan pada Kejurnas ini untuk event yang lebih besar lagi yaitu PON Jabar 2016 mendatang. ” Mengukur kekuatan lawan dari propinsi lain,” tambahnya. Khususnya bagi atlet Yunior yang memang mempunyai orientasi diterjunkan pada ajang PON tersebut. ”  Minimal ada gambaran terhadap kekuatan-kekuatan lawan yang patut diwaspadai,”tambahnya serius.  Sehingga bagi kontingen Jawa Timur sendiri akan mengantisipasi dengan lebih mempersiapkan diri.
Kejuaraan ini akan  diikuti oleh 33 propinsi yang ada di Indonesia. ” Biasanya seluruh propinsi menerjunkan atletnya,” paparnya. Seraya menambahkan, kekuatan tiap-tiap kontingen ini hampir merata. ”  Masing-masing kontingen memang sudah mempersiapkan diri sejak dini, sehingga Jawa Timur terus mewaspadai setiap propinsi,” tukasnya. Meskipun demikian, Jawa Timur tetap sangat optimis akan menuai hasil yang terbaik dan sesuai dengan harapan. [wwn]

Tags: