Koarmada II Percepat Serbuan Vaksinasi di Kepulauan Terpencil Jatim

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Pangkoarmada II, Laksda TNI Iwan Isnurwanto dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gelora Pancasila Surabaya, Kamis (29/7). Pada hari yang sama Gubernur Jatim dan Pangkoarmada II juga meninjau vaksinasi di Pulau Bawean.

Surabaya, Bhirawa
Koarmada II mulai bergerak dalam serbuan vaksinasi di wilayah kepulauan terpencil di Jatim. Bersama Pemprov Jatim, Koarmada melakukan serbuan vaksinasi terhadap masyarakat di Pulau Bawean selama 3 hari, sejak tanggal 28-30 Juli 2021.
Vaksinasi di pulau yang terletak di tengah Laut Jawa, berjarak 90 NM (165 KM) di utara Kota Surabaya ini ditinjau langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Pangkoarmada II, Laksda TNI Iwan Isnurwanto, Kamis (29/7) dan melibatkan 300 orang personel dan tenaga kesehatan yang dipimpin oleh Dansatfib Koarmada II, Kol Laut (P) Imam Purwanto sebagai Dansatgas.
“Koarmada II juga melakukan serbuan vaksinasi terhadap masyarakat maritim. Karena perlindungan terhadap ancaman Covid-19 bukan hanya hak masyarakat di perkotaan atau pulau-pulau besar. Masyarakat di kepulauan memiliki hak yang sama untuk aman dari serangan Covid-19,” kata Pangkoarmada II, Laksda TNI Iwan Isnurwanto.
Iwan menjelaskan, untuk pencapaian herd immunity yang ditargetkan Pemprov Jatim sebesar 70% pada Agustus nanti. Koarmada II dan Pangkalan TNI AL (Lanal) jajaran yang berada di Batuporon, Malang dan Banyuwangi ikut berperan serta mewujudkan melalui serbuan vaksinasi massal yang dikhususkan bagi masyarakat maritim, bersinergi dengan Forkopimda Jatim.
Selain vaksinasi, sambung Iwan, kegiatan juga dimanfaatkan untuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang Covid-19 dan vaksinasi. Dengan harapan masyarakat mendapat informasi yang tepat serta tidak termakan hoax (berita bohong) yang berkembang dan menyesatkan.
“Vaksinasi di Pulau Bawean selama 3 (tiga) hari ini mentargetkan 10.000 orang untuk divaksin selama pelaksanaan. Satgas Serbuan Vaksin Koarmada II pun mentargetkan 500-750 orang per pos per harinya,” pungkasnya.
Sementara itu Gubernur Khofifah menyampaikan terimakasih ke Pangkoarmada II yang menjadi inisiator yang menggelar vaksinasi di Pulau Bawean.
“Terima kasih pada Pangkoarmada II yang menjadi inisiator dalam kegiatan vaksinasi Bawean ini. Bahkan sejauh ini Koarmada II telah aktif melaksanakan vaksinasi di sejumlah kawasan kepulauan dan pesisir Jatim,” tutur Gubernur Khofifah.
Lebih lanjut Khofifah menjelaskan, sampai saat ini capaian vaksinasi Jatim menduduki posisi teratas vaksinasi covid-19 secara dosis di tingkat nasional. Ia menegaskan bahwa saat ini update capaian vaksinasi warga Jatim sudah mencapai 23 persen.
“Per kemarin yaitu tanggal 28 Juli 2021, Jatim masih menjadi provinsi tertinggi capaian vaksinasi covid-19. Dari total sasaran 31,8 juta yang harus divaksin di Jatim, yang sudah dosis pertama ada 23 persen. Sedangkan yang sudah dosis kedua ada 3 juta. Semoga semangat semua terus terjaga,” tegas Khofifah.
Lebih lanjut disampaikan Khofifah bahwa untuk sasaran SDM Kesehatan dan juga petugas layanan publik seluruhnya sudah terlaksana. Yang masi berproses dan masih membutuhkan dorongan maksimalisasi adalah vaksinasi untuk lansia karena sampai saat ini progres pencapaian dosis pertama hanya 20,1 persen dari total sasaran 4,3 juta. Atau yang telah tervaksin dosis pertama adalah 868 ribu orang.
Sedangkan untuk masyarakat umum dan masyarakat rentan, dari total sasaran sebanyak 21,6 juta, yang sudah tervaksin ada sebanyak 10,2 persen. Atau sebanyak 2,2 juta orang yang tervaksin dosis pertama. Dan untuk capaian vaksinasi pada remaja, ditegaskan Khofifah bahwa pencapaiannya masih 1,62 persen dari total sasaran sebanyak 3,5 juta orang. Mereka adalah remaja dengan usia 12-17 tahun.
Pada kesempatan yang sama, Khofifah kembali mengingatkan kepada masyarakat di Pulau Bawean yang belum mendapatkan vaksinasi untuk segera vaksin dengan memanfaatkan program ini. Selain itu, bagi yang sudah divaksinasipun juga tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).
“Kepada seluruh masyarakat agar segera ikut vaksinasi. Pastikan bahwa kita dan keluarga kita sudah tervaksinasi. Ini sebagai bentuk semangat di Jatim untuk memberikan hadiah bagi HUT Ke-76 RI,” tandasnya. [bed.tam]

Tags: