Kodim 0802 Tanam Rumput Vetiver di Banaran Ponorogo

Dandim 0802/Ponorogo Sigit Sugiharto, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, dan Kapolres Ponorogo Arief Fitrianto Menanam Rumput Vetiver Untuk Melestarikan Alam di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Selasa (18/02/2020).

Ponorogo, Bhirawa
Kodim 0802/Ponorogo melakukan upaya pelestarian lingkungan dengan cara menanam rumput vetiver / akar wangi di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Selasa (18/02). Bupati Ponorogo, Kapolres Ponorogo, instansi terkait, dan elemen masyarakat juga turut serta dalam kegiatan ini.
Dandim 0802/Ponorogo, Letkol Inf. Sigit Sugiharto menjelaskan, sifat akar rumput vetiver dapat digunakan untuk menahan tanah. Menurutnya, penanaman ini merupakan sebuah upaya untuk melestarikan lingkungan.
“Kita lakukan penanaman rumput vetiver di lahan kritis atau lahan mudah longsor, salah satunya di Desa Banaran ini. Rumput vetiver mempunyai sifat akar yang dapat menahan atau mengikat tanah, karena kedalaman akarnya bisa mencapai 6 meter. Jadi bisa berfungsi untuk mencegah terjadinya longsor,” terang Dandim Sigit.
“Rumput ini kita kembangkan di lahan Kodim, harapannya kelak bisa segera dipanen dan ditanam di lahan – lahan kritis lain. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami untuk menjaga kelestarian alam,” sambungnya.
Sementara itu, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni yang turut menyumbangkan bibit rumput vetiver, memberikan apresiasinya pada Kodim 0802/Ponorogo. “Saya ucapkan terima kasih pada TNI, ini tentu menambah motivasi kami, karena kami pun sedang giat – giatnya melakukan gerakan tanam pohon di Ponorogo. Saya sumbangkan 3.000 bibit vetiver untuk ditanam penggiat – penggiat lingkungan di berbagai tempat,” katanya.
Lokasi penanaman sengaja dipilih di Desa Banaran karena desa tersebut pernah mengalami bencana longsor besar yang menelan banyak korban. (yan)

Tags: