Kodim 0812 Ajari Kades Baru Disiplin

6-foto B yit-kades1Lamongan, Bhirawa
Kodim 0812 Lamongan tahun ini menjadi salah satu mitra nara sumber untuk memberikan pembekalan kepada Kades baru hasil Pilkades tahun lalu. Kodim 0812 akan memberikan materi pembentukan mental dan disiplin, character building serta bela negara.
Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Pemerintahan Desa Jarwito di Pendopo Lokatantra dalam pembukaan Pembekalan Kepala Desa Tahun 2014 (2/6). Selain dari Kodim 0812, Polres Lamongan juga ikut memberikan materi pembinaan keamanan dan ketertiban serta materi pemberantasan korupsi disampaikan Kejari Lamongan.
Menurut Jarwito, sebagai pimpinan formal tertinggi di desa, sumber daya manusia Kades harus ditingkatkan. Oleh karena itu Pemkab Lamongan melalui Bagian Pemerintahan Desa melakukan pembekalan Kepala Desa Tahun 2014.
“Acara ini juga dimaksudkan untuk menciptakan pemerintahan desa yang kokoh dan kuat guna menyongsong berlakunya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan membentuk kepribadian dan jiwa kepemimpinan yang berdedikasi dan berloyalitas tinggi,” lanjut Jarwito.
Bupati Fadeli yang hadir langsung membuka acara tersebut menyampaikan agar para kepala desa yang mengikuti pembekalan ini memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya. “Kebanyakan dari peserta pembekalan ini adalah kepala desa yang terpilih kembali pada pilkades tahun 2013. Jadi sudah berpengalaman selama 6 tahun. Melalui pembekalan ini akan banyak tambahan ilmu yang didapat jadi harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” kata Fadeli.
Peserta dari pembekalan ini sebanyak 174 orang yakni kepala desa hasil pemilihan kepala desa tahun 2013. Baik yang berasal dari calon incumbent dan yang belum mengikuti pembekalan Kades tahun 2013 yang lalu karena sakit atau ijin atau alasan lain.
Pembekalan kepala desa ini akan dibagi menjadi 3 tahap. Yakni tahap I dengan 56 peserta mulai tanggal 2 s/d 5 Juni 2014, tahap II dengan 59 peserta mulai tanggal 9 s/d 12 Juni 2014, dan tahap III dengan 59 peserta mulai tanggal 16 s/d 19 Juni 2014.
Ada 15 materi yang disampaikan. Mulai dari pembentukan mental dan disiplin, character building serta bela negara dengan narasumber dari Kodim 0812, Kebijakan Pembangunan di Kabupaten Lamongan dari Bappeda, Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat dari Polres Lamongan dan Pemberantasan Korupsi dari Kejari Lamongan. [yit]

Keterangan Foto : Ratusan Kades di Lamongan dibina kedisiplinannya oleh Kodim 0812. [suprayitno/bhirawa]

Rate this article!
Tags: