Kodim 0812/Lamongan Gencar Lakukan Aksi Jaga Lingkungan

Aksi  Fooging dan pembersihan kali dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mengantisipasi warga dari penyakit demam berdarah serta mencegah banjir.(Alimun Hakim/Bhirawa).

(Lakukan Fogging dan Pembersihan Kali)
Lamongan,Bhirawa 
TNI AD Kodim 0812 Lamongan terus menggencarkan berbagai aksi untuk menjaga lingkungan sekitar bersama masyarakat. 
Bukan hanya tanam pohon, Kali ini Babinsa dan Koramil di daerah teritorialnya melakukan aksi fooging untuk mengantisipasi penyakit yang menyerang dikala musim hujan yakni demam berdarah. 
Tak hanya itu, Koramil Karanggeneng beserta Babinsa nya melakukan pembersihan kali supaya dapat teraliri air dengan baik. 
Di daerah teritorial Koramil Bluluk 0812/07 saat ini di gencarkan aksi Fooging dan mengefektifkan gerakan 3 M ( Menguras, Menutup dan Mengubur) dalam antisipasinya terhadap jentik nyamuk yang berbahaya di musim penghujan.
Tepat di Desa Songowareng Kecamatan Bluluk Kab Lamongan, pada Senin (20/01), Puskesmas setempat dengan didampingi oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) melakukan fogging kerumah-rumah warga untuk memutus rantai perkembangbiakkan nyamuk aedes aegypti sebagai penyebab merebaknya penyakit demam berdarah.
Danramil 0812/07 Bluluk Kapten Kaf Parman, saat di konfirmasi membenarkan adanya kegiatan Babinsanya tersebut,”Ya, fooging bagian dari upaya untuk peduli lingkungan dan upaya  dalam mengantisipasi mewabahnya penyakit demam berdarah (DBD),” kata Kapten Parman.
Ia menegaskan jika seluruh rumah warga di Desa setempat dilakukan fooging.”Seluruh Rumah di Desa Songowareng menjadi sasarah fogging,” tegasnya.
Terkait hal tersebut Komandan Kodim 0812/Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, mengapresiasi upaya antisipatif yang dilakukan anggota di daerah teritorialnya.”Saya mengapresiasi dan kepada seluruh jajaran agar memonitor wilayahnya dan segera beri bantuan pendampingan dalam melakukan upaya-upaya seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0812/07 Bluluk,” ungkap Dandim.
Menurutnya,Hal tersebut merupakan wujud kepedulian kita TNI terhadap keselamatan masyarakat dari wabah penyakit.”Aksi ini sebagai wujud kepedulian kita terhadap lingkungan dan masyarakat sekit,” terangnya.
Kemudian, Lanjutnya,Kepada masyarakat saya turut menghimbau agar membiasakan hidup bersih, terutama disekitar lingkungan rumah, bagian-bagian yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, hendaknya segera dibersihkan, bak-bak air upayakan selalu dikuras dan diganti air yang baru, untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti tersebut,” himbaunya
Sementara di daerah teritorial Koramil 0812/15 Karanggeneng, tepatnya  di Sungai Desa Latukan,  anggota koramil menggencarkan aksi karya bhakti membersihkan Sungai Desa Latukan, Kecamatan Karanggeneng, Kecamatan Lamongan.
Sebanyak 12 anggota Koramil terjun ke Sungai membersihkan tumpukan enceng gondok yang kian tumbuh subur di sepanjang permukaan sungai.Aksi bersih-bersih anggota TNI ini dibantu 8 orang pengairan dan 15 orang masyarakat sipil.
Danramil 0812/15 Karanggeneng Lettu Inf Sobar Atnanto ini mengatakan,“Sungai ini sebetulnya telah kita bersihkan sejak beberapa waktu yang lalu bersama masyarakat.Tapi enceng gondok itu cepat tumbuh subur sehingga perlu penanganan ekstra,” kata Lettu Inf Sobar.
Ia menegaskan,Koramil 0812/15 Karanggeneng akan senantiasa memantau perkembangan tumbuh kembangnya enceng gondok agar tidak berdampak negatif bagi kehidupan warga setempat.
Selain itu,  agar saluran air tidak tersumbat sampah dan tumbuhan enceng gondok. “Dengan begitu akan memanimalisir dampak banjir saat musim penghujan.Sebagai solusinya, tidak ada jalan lain kecuali dengan memberikan ruang bagi gerakan air yang mengalir demi kebersihan lingkungan dan disertai dengan upaya-upaya untuk mencegah timbulnya bencana seperti banjir,” pungkasnya. [aha]

Tags: