Kodim 0812 Lamongan Siapkan Personel Pulangkan Jenazah Covid-19

Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono

Lamongan,Bhirawa 
Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono menyatakan secara tegas TNI – AD Kodim Lamongan siap membantu tenaga medis dalam hal pemulasaran jenazah.
Kesiapan itu terlihat lantaran pihak TNI Kodim 0812 Lamongan telah memparaktekkan atau mengear simulasi penanganan jenazah Covid-19  di lapangan Markas Komandonya,Rabu (13/5).  
Simulasi tersebut dilakukan sebagai antisipasi kemungkinan buruk yang terjadi manakala tim medis di Lamongan nantinya kualahan. Namun Dandim berharap itu tidak terjadi di Kabupaten Lamongan. 
“Sebagai antisipasi , dan tentu terdapat keterbatasan tenaga medis dan tenaga pemulasaraan pemakaman.Maka dari itu kami menggelar simulasi , sehingga kami personel kami siap ketika dibutuhkan,” ujar Dandim Sidik Wiyono setelah memimpin Simulasi pemulasaran jenazah Covid – 19. 

Personel Kodim 0812 Lamongan saat simulasi pemulangan jenazah Covid – 19 sebagai antisipasi minimnya tenaga medis.(Alimun Hakim/Bhirawa). 

Dijelaskanya, dalam latihan penanganan jenazah Covid-19 ini, kami menggunakan APD seperti sepatu boat, masker N-95,  disinfektan clorin, plastik, kantong jenazah, peti jenazah, kapas dan plaster kedap air. 
“Tim Gugus Tugas yang dibentuk di Kab Lamongan sudah mensosialisasikan terkait ini dengan melibatkan institusi dan dinas-dinas terkait, khususnya Puskesmas.Tentu hal itu untuk membantu dan mempermudah dalam penanganan Covid,” jelasnya. 
Simulasi yang di gelar ini juga diharapkan bisa membantu pihak rumah sakit jika pasien meninggal dalam skala besar. “Maka dari itulah latihan simulasi ini sangat penting sekali,” imbuhnya. 
Dalam simulasi , anggota TNI memperagakan tata cara pemakaian APD yang benar, kemudian juga melepas yang benar, sekaligus bagaimana prosedur  penanganan jenazah Covid-19 hingga di naikkan ke mobil ambulan. 
Semuanya di lakukan sesuai dengan Standart Operasional Pemerintah (SOP)  keamanan dan protokol kesehatan Covid-19, jenazah terinfeksi akan dibungkus dengan menggunakan plastik beberapa lapis atau di-wrapping. [aha]

Tags: