Kodim 0814 Jombang Kebut Perbaikan Tanggul Sungai Pucangsimo

Anggota Kodim 0814 Jombang melaksanakan karya bakti memperbaiki tanggul sungai di Pucangsimo, Bandar Kedungmulyo, Jombang, Senin (15/02). [arif yulianto/bhirawa].

Jombang, Bhirawa
Sampai saat ini perbaikan tanggul di Dusun Pucanganom, Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten masih terus dikebut. Kodim 0814 Jombang bersama Polsek Bandar Kedungmulyo serta masyarakat setempat melaksanakan kegiatan karya bakti perbaikan tanggul Sungai Konto yang longsor tergerus air, Senin (15/02).

Proses perbaikan tanggul yang longsor dilakukan dengan memasang dan menimbun bekas tanggul yang jebol dengan material tanah yang di masukkan ke dalam karung untuk kemudian di tumpuk di bagian tanggul sungai yang jebol tersebut.

Komandan Koramil (Danramil) 0814/05 Perak, Jombang, Kapten Chb Samsul mengatakan, karya bakti yang dilaksanakan ini untuk menutup tanggul yang jebol yang berdampak banjir.

“Dengan penataan tanggul dengan patok dan sesek dari bambu sebagai penahan serta tanah yang dikarungi seperti yang kita lakukan saat ini, maka tanah tidak akan mudah terbawa arus sungai yang deras ketika turun hujan,” kata Kapten Chb Samsul.

Kapten Chb Samsul melanjutkan, pihaknya bersama Pemerintah Desa (Pemdes) setempat akan memantau dan mewaspadai perkembangan kondisi tanggul sepanjang aliran sungai, khususnya yang baru diperbaiki.

“Agar tidak terjadi tanggul longsor dan jebol sehingga dapat menimbulkan banjir di perkampungan warga apalagi sampai ada korban jiwa. Di samping itu agar banjir bisa cepat surut,” tandasnya.(rif)

Tags: