Kodim 0820 Probolinggo – Polri Bantu Korban Puting Beliung

Personel TNI mengevakuasi pohon tumbang.[wiwit agus pribadi/bhirawa]

Probolinggo, Bhirawa
Ratusan personil TNI/Polri dari Kodim 0820 Probolinggo dan Polres Probolinggo serta Banser PC GP Ansor Kraksaan, diterjunkan untuk membantu proses evakuasi rumah warga yang mengalami kerusakaan akibat diterjang angin puting beliung di Desa Sentong Kecamatan Krejengan.
Selain itu, para personil TNI/Polri bersama BPBD, Satpol PP, relawan serta masyarakat disebar di sejumlah titik lokasi untuk secara bergotong royong membantu membersihkan puing rumah warga yang berada di sejumlah kecamatan.
Komandan Kodim 0820 Letkol Inf Iman Wibowo, minggu 5/1 2020 mengatakan TNI bersama unsur terkait mengadakan penanganan tanggap darurat bencana dengan menerjunkan para personil TNI di lapangan.
“Alhamdulillah berkat kerjasama semua pihak baik TNI/Polri, Camat, BPBD, Dinas Sosial, Banser dan relawan lainnya, kendala yang ada dapat kita atasi dan hari ini kita fokuskan personil untuk membantu membersihkan puing rumah warga dan pohon yang tumbang akibat puting beliung kemarin,” ujarnya.
Hal senada disampaikan Kapolres Probolinggo, AKBP Eddwi Kurniyanto. Pihak kepolisiaan juga telah menerjunkan sebanyak 2 Pleton dari sejumlah polsek jajaran untuk membantu warga korban bencana alam. “Kita harapkan evakuasi bisa berjalan dengan lancar agar kondisi masyarakat segera pulih dan beraktifitas normal kembali,” tandasnya.
Kasat Korcab Banser PC GP Ansor Kota Kraksaan, Roni menyatakan, pihaknya bersama sejumlah jajarannya di tingkat kecamatan juga turun langsung ke sejumlah desa dan kecamatan yang terdampak angin puting beliung.
“Kita libatkan semuanya para Satkoryon Banser dan di sebarkan di sejumlah titik termasuk di Kecamatan Krejengan, Pajarakan, Kraksaan untuk membantu membersihkan rumah warga yang terdampak angin puting beliung,” katanya.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi mencatat ada 5 Kecamatan yang dilanda cuaca ekstrem. “Yaitu Kecamatan Tongas, Kecamatan Pajarakan, Kecamatan Paiton, Kecamatan Kraksaan dan Kecamatan Krejengan,” tuturnya
Cuaca ekstrim akhir-akhir ini terus melanda Kabupaten Probolinggo dan sekitarnya. Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Probolinggo, AKBP Eddwi Kurniyanto menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan peka terhadap kondisi cuaca ekstrim. Bahkan, dia juga mengeluarkan tips aman jika terjadi angin kencang.
“Kami himbau kepada seluruh masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan kepekaannya terhadap kondisi cuaca ekstrim yang terjadi saat ini, khususnya terhadap dampak lanjutan yang dapat ditimbulkan,” jelas AKBP Eddwi Kurniyanto.
Imbauan tersebut juga merupakan tindak lanjut dari kondisi saat ini, dimana angin kencang yang mengakibatkan banyaknya pohon tumbang dan menimpa warga di daerah Pakuniran saat berkendara. “Berlindunglah di dalam rumah dan bangunan yang permanen atau kokoh,”harapnya.
Selain itu masih kata Eddwi, jangan berada di dekat atau di bawah pohon besar yang rindang dan rapuh, papan reklame baliho dan tiang, karena rawan tumbang. “Waspada dengan benda-benda yang diterbangkan oleh angin, karena dapat menimbulkan cedera bila menghantam anda,” tegasnya.
Untuk itulah Kapolres Eddwi menurutkan, berlindunglah di dalam rumah dan bangunan yang permanen atau kokoh. Jangan berada di dekat atau di bawah pohon besar yang rindang dan rapuh, papan reklame atau baliho dan tiang. Karena rawan tumbang.
Waspada dengan benda-benda yang diterbangkan oleh angin, karena dapat menimbulkan cedera bila menghantam anda. Gunakan masker kacamata dan jaket pelindung tubuh, untuk menghindari debu dan kotoran yang terbawa oleh angin. Perkuat bangunan rumah, perhatikan atap rapuh yang mudah terhempas atau dinding yang mudah roboh. Tebanglah pohon tua yang besar dan rapuh untuk menghindari tumbang ketika ada angin kencang.[wap]

Tags: