Kolaborasi UMM dan Shopee Kenalkan Mahasiswa Berbisnis Digital

Rektor UMM, Dr Fauzan

Program Muda Berkarya
Malang, Bhirawa
Berdasarkan data Global Web Index, tahun 2019 Indonesia menjadi negara dengan tingkat adopsi E-commerce tertinggi di dunia. Hampir 90% pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun pernah melakukan pembelian secara online.
Melihat data ini, Direktorat Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggandeng Shopee dan menyelenggarakan program bisnis digital Muda Berdaya. Program Bisnis Digital digelar secara Daring pekan lalu mengundang narsumber dari Shopee untuk memberikan pelatihan.
Menurut Rektor UMM, Dr Fauzan MPd, tanggung jawab perguruan tinggi tidak hanya terbatas pada kegiatan transfer knowledge. Namun juga membekali mahasiswa agar mampu menghadapi tantangan yang ditemui usai menyelesaikan studinya. Salah satunya dengan membekali kemampuan berwirausaha, khususnya dalam pemasaran digital.
Fauzan menjelaskan, UMM terus berusaha membentuk suasana entrepreneurship yang kuat. Jika sudah terbentuk suasana wirausaha yang kuat, maka akan muncul dinamika yang mampu menjawab permasalahan – permasalahan yang ada.
“Skill ini bisa jadi modal hidup yang bermanfaat. Tidak terbatas pada teknis menjual dan mendapat penghasilan, namun labih kepada membentuk jiwa – jiwa entrepreneurship,” harap Fauzan.
Dalam kesempatan yang sama, Monika Viany, Perwakilan Shopee menjelaskan, banyak program yang sudah disiapkan, utamanya di masa pandemi. Adapun Program Muda Berdaya berawal dari agenda yang dilaksanakan pada 2019 lalu. Pada saat itu Shopee menyasar para siswa yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).
“Melihat potensi anak muda yang menjajikan tahun ini kami menjalankan program bagi para mahasiswa,” ungkap Monika.
Monika berharap, agar agenda ini bisa memacu motivasi mahasiswa dalma berwirausaha. Mampu merintis bisnis di usia muda dan berakhir sukses. Hingga pada tahapan selanjutnya bisa membantu mengembalikan perkenomian negara menjadi lebih baik.
Ditemui di kesempatan lain, Dr Tulus Winarsunu MSi selaku Direktur Direktorat Pendidikan Vokasi dan Pelatihan UMM menjelaskan, akan ada tiga tahap yang akan dilalui para peserta pelatihan. tahap pertama yakni pengenalan serta kontrak belajar. Dilanjutkan dengan agenda training beberapa hari kemudian. Terakhir, yakni tahap inkubasi selama tiga bulan.
“Pada tahap inkubasi, para peserta akan didampingi langsung oleh pihak Shopee dalam merinstis bisnis di paltfomr digital,” kata pria asal Banyuwangi ini.
Anak kedua dari tujuh bersaudara itu juga menjelaskan, antusiasme para mahasiswa sangat tinggi. Jatah 250 peserta langsung habis di hari pertama. Bahkan batch kedua yang akan dilaksanakan pada awal April juga sudah terisi penuh.
“Semoga pelatihan ini bisa memberikan pengalaman lebih bagi mahasiswa. Tidak hanya bergelut di lembaga intra maupun ekstra saja. Materi yang disajikan juga dapat mendorong mereka untuk memulai usaha sejak dini dan sukses,” pungkas Tulus. [mut]

Tags: