Komisi 1 DPRD Ancam PTUN-kan Pemkab Bondowoso

palu-keadilanBondowoso, Bhirawa
Jajaran Komisi 1 DPRD Bondowoso yang membidangi Pemerintahan mengancam akan mengajukan Pemkab Bondowoso pada Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jika tetap Ngotot mengajukan mantan Kades menjadi Pejabat (PJ) Kepala Desa.
Hal ini disampaikan Bambang Suwito ketua Komisi 1 DPRD Bondowoso saat dikonfirmasi Bhirawa melalui sambungan telepon, Selasa (5/1) kemarin. Hal ini menurut Bambang karena pihaknya selama ini sudah member toleransi pada pihak Pemkab yang mengangkan PJ Kepala Desa tidak dari unsure Pegawai Negeri Sipil (PNS) tetapi malah mengangkat mantan Kades.
Toleransi tersebut karena setelah diundangkannya UU tentang Desa Nomor 6 Tahun 2014 serta PP nomor 43 Tahun 2014, seharusnya seluruh pejabat kepala desa yang sudah habis masa jabatannya harus dari Unsur PNS. “Kita selama ini sudah mnemberi toleransi, sehingga jika masih ngotot maka kita akan menggugatnya melalui PTUN,” kata Bambang.
Bambang juga menegaskan, jika setelah ditetapkannya Perda yang mengatur tentang pengangkatan PJ tersebut maka tidak ada alas an lagi bagi pihak Pemkab untuk tidak mengganti PJ dari mantan Kepala Desa dengan unsure PNS. “Kita kan baru saja menetapkan Perda tentang aturan pengangkatan PJ, jadi saya minta diganti dari PNS,” katanya. [mb7]

Tags: