Komisi 1 DPRD Gresik Fokus Benahi Adminduk Bisa Diurus di Tingkat Kecamatan

Ketua Komisi 1 DPRD Gresik Jumanto SH

Gresik, Bhirawa
Pembenahan terhadap sistem administrasi kependudukan (Adminduk), terus dilakukan oleh DPRD dengan melakukan study banding. Dan di pilih kabupaten Blora, sebab penerapan pelayanan dilakukan seluruh kecamatan dan desa.

Menurut Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gresik Jumanto SH memgayakan, bahwa dewan sedang fokus pembenahan sistem adminduk. Pelayanan masyarakat dilakukan di tingkat desa dan kecamatan, supaya masyarakat tidak perlu ke kota.

Selama ini sistem adminduk di Gresik, dinilai masih rumit dan sulit. Sebab baru bisa di akses beberapa kecamatan. Kondisinya juga belum maksimal sesuai harapan, padahal pelayanan dasar kuwajiban adalah masyarakat yang di utamakan.

Study Banding Komisi 1 di Kabupaten Blora

“Kita berharap pada tahun 2021, adminduk lebih mudah. Di selesaikan di kecamatan tidak perlu ke kota, seperti di blora. Dengan anggaran sebesar Rp650 juta, saya kira cukup untuk pembenahan pelayanan,” ujarnya.

Senada disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gresik Syaichu Busyiri, bahwa sampai 2020 ini. Baru tiga kecamatan yang bisa melayani adminduk, sedangkan di Blora sudah seluruh kecamatan.

Dengan pelayanan adminduk yang menyebar di kecamatan dan desa, diharapkan bisa mempermudah masyarakat. Utamanya, masyarakat di wilayah yang jauh dari kota.

“Dewan sedang berusaha mendorong OPD terkait, adminduk bisa di selesaikan tingkat kecamatan. Masyarakat selama ini, harus mengeluarkan ongkos tinggi hanya untuk mengurus adminduk. Ke depan, kami harapkan semunya bisa lebih mudah dan efisien.”imbuhnya. [kim.adv]

Tags: