Komisi A Temukan PNS Terlibat Kampanye Caleg

Sumenep, Bhirawa
Komisi A DPRD Sumenep sering menerima laporan dari warga terkait adanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ikut terlibat langsung kampanye atau mencari dukungan calog legislatif (caleg). Anggota Komisi A, DPRD Sumenep, Hamid Ali Munir mengatakan, pihaknya sering mendapatkan laporan dari warga terkait adanya PNS yang terlibat langsung dalam dukung mendukung caleg, bahkan ikut dalam kampanye caleg tertentu.
Padahal dalam aturannya, para abdi negara itu dilarang ikut terlibat kampanye. “Kami sering mendapatkan laporan dari warga, dimana ada PNS yang terlibat dalam kampanye bahkan mencari dukungan salah satu caleg tertentu, sebenarnya itu tidak boleh,” kata Hamid, kemarin.
Hamid memaparkan, salah satu kasus terbaru keterlibatan PNS dimomen kampanye itu adalah Moh Feri Sugianto, Staf Bagian Umum Setda Sumenep, warga Dusun Barat Gunung, Desa Matanair, Kecamatan Rubaru, Sumenep yang saat ini sudah dilaporkan warga ke panwalu kabupaten Sumenep. “Staf Bagian Umum Setkab Sumenep itu memasang alat peraga kampanye dan ikut serta dalam penggalangan dukungan. Informasinya sekarang sudah dilaporkan ke Panwaslu,” terangnya.
Dia menegaskan, jika PNS itu memihak pada satu calon atau ditemukan ikut kampanye dan memasang baliho harus ditindak tegas. Karena, aturannya sudah jelas, bahwa PNS dilarang ikut campur dalam kampanye atau harus netral dalam pemilu. “Kalau benar-benar terbukti, PNS itu harus diberi sanksi tegas sesuai aturan yang ada. Kami sebagai anggota Komisi yang membidangi pemerintahan dan hukum meminta Pemkab harus tegas dalam kasus ini,” urainya. [sul]

Tags: