Komisi C Dewan Gresik Black List Kontraktor Nakal

Black ListGresik, Bhirawa
Untuk menerapkan sanksi black list kepada kontraktor nakal tak hanya lips service. Komisi C Kamis (13/11) kemarin melakukan Sidak pembangunan Gedung Kesenian II yang bertempat di belakang Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) Yang pembangunan kini baru mencapai 15%.
Menurut Wakil Ketua Komisi C DPRD Gresik, Moh Syafi’ AM, Sidak ini bertujuan untuk mengetahui kondisi riil di lapangan. Sehingga penerapan black list bisa tepat sasaran dan tak ada yang tertinggal. Semua proyek yang ada tapi untuk jamnya tergantung.
Selain kedua proyek itu, proyek-proyek lain yang dikerjakan secara lamban juga akan didatangi. Ini dilakukan agar para kontraktor tak seenaknya sendiri dalam menggarap proyek. Karena negara bisa rugi, kalau pembangunan selalu dilakukan asal-asal dan tak tepat waktu.
”Jadi harus ada solusi konkrit terhadap semua proyek, baik yang menggunakan anggaran APBD maupun PAK. Pemerintah dalam hal ini Dinas PU sebagai penangung jawab anggaran harus tegas. Harus konsisten tak tebang pilih terhadap kontraktor yang mempunyai unsur kedekatan terhadap penguasa atau tidak,” kata Syafi’ AM
Terpisah Anggota Komisi C DPRD Gresik, Edi Santoso mengatakan, hingga kini data yang diterima. Proyek pembangunan gedung baik milik PU atau Dinkes banyak yang tak sesuai target. Rata-rata, kontraktor baru menyelesaikan 30% hingga 50% per September lalu. Bila seperti ini, bisa di pastikan tutup anggaran Bulan Desember 2014 tak akan selesai.
Dan Sidak yang dilakukan guna melihat dan keseriusan Dinas dan kontraktor. Disiplin anggaran dan pekerjaan kalau tahun ini pekerjaan tak sesuai. Tahun depan kontraktor pastinya  tak perlu diberikan pekerjaan lagi agar tak mengganggu pembangunan di Gresik. Dan pemberian sanksi setidaknya antara dua tahun hingga tiga tahun lamanya, supaya kontraktor tak seenaknya apalagi yang dekat dengan penguasa.
Informasi yang dihimpun Bhirawa, kontrak pembangunan di belakang WEP yang dikerjakan PT Brantas Abipraya senilai Rp12 miliar akan berakhir pada 25 Desember mendatang. Selain proyek di belakang WEP, Komisi C juga akan melakukan Sidak proyek trotoar di Jl Pahlawan, Gresik. Sebab laporan yang masuk proyek itu sudah mencapai 50%. Tetapi pantauan di lapangan proyek itu seperti jalan di tempat dan tak mungkin mencapai 50%. [kim]

Tags: