Komisi C Dukung Lokasi Lahan Baru Puskesmas Kota Tulungagung

Ketua Komisi C DPRD Tulungagung, Asrori

Tulungagung, Bhirawa
Komisi C DPRD Tulungagung mendukung lokasi lahan baru Puskesmas Kota Tulungagung yang telah ditentukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung. Mereka berharap dengan lokasi yang baru tersebut pelayanan Puskesmas Tulungagung pada masyarakat akan semakin meningkat.

“Setelah kami lihat lokasinya kami mendukung untuk pembangunan Puskesmas Kota Tulungagung di lahan tersebut,” ujar Ketua Komisi C DPRD Tulungagung, Asrori, Minggu (25/9).

Ia menyebut lahan untuk lokasi baru Puskesmas Kota Tulungagung terbilang luas. Apalagi merupakan aset milik Pemkab Tulungagung.

“Akses jalannya juga bagus. Lokasinya berada di jalan menuju Kantor KPU Tulungagung dan ke SMAN 1 Tulungagung,” paparnya.

Namun demikian, lanjut dia, diperlukan lagi lahan untuk melebarkan jalan menuju lokasi puskesmas yang baru itu. “Untuk menuju lokasi gedung Puskesmasnya nanti jalan masuknya masih kurang lebar. Yang sekarang hanya 11 meter harus diperlebar lagi,” pintanya.

Asrori membeberkan jika pelebaran jalan masuk itu bisa dilakukan dengan membebaskan lahan yang berada dekat aset Pemkab Tulungagung itu. Apalagi pemilik lahan berencana menjualnya.

“Tinggal dihitung appraisal saja. Dananya juga sudah ada. Kalau tidak salah anggarannya untuk lahan Rp 3 miliar sekian,” jelasnya.

Menjawab pertanyaan, Asrori belum bisa memprediksi berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan fisik Puskesmas Kota Tulungagung yang baru. Ia hanya menyatakan anggarannya bisa dilakukan pada tahun 2023. “Kita lihat nanti berapa anggaran yang dibutuhkan,” elaknya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rohmad, menyatakan saat ini sedang mencari lahan di wilayah Kecamatan Kota Tulungagung untuk pembangunan Puskesmas. Puskesmas tersebut akan menggantikan Puskesmas yang ada sekarang karena dinilai tidak akan layak lagi untuk beroperasi pada masa mendatang.

Dokter Kasil mengakui ada beberapa tempat yang menjadi alternatif untuk pembangunan Puskesmas Kota Tulungagung itu. Meski ia belum bisa memastikannya.

“Namun perhitungan efisiennya dapat menggunakan tanah milik Pemkab Tulungagung. Atau menggunakannya sebagian milik Pemkab Tulungagung. Kami sedang mencari itu. Kemarin ada tanah milik Pemkab Tulungagung tetapi tidak jadi karena sudah diplot untuk yang lain,” paparnya. (wed.hel)

Tags: