Komisi D dan BPBD Dorong Pemenuhan Kebutuhan Pasca Longsor Nganjuk

Monitoring anggota Komisi D DPRD Jatim dan BPBD Jatim di lokasi longsor Ngetos, Kabupaten Nganjuk.

BPBD Jatim, Bhirawa
Setelah melakukan survei geologi, survei seismik dan survei (foto) udara. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim kembali melakukan monitoring di lokasi longsor, yakni Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk.

Monitoring ini terasa spesial dengan kehadiran anggota Komisi D DPRD Provinsi Jatim, Selasa (23/2) sore. Yakni dipimpin oleh Masduki dari Fraksi PKB, serta anggota Komisi D lain, yaitu Satib (Gerindra), Guntur (PDIP), Samwil (Demokrat), Deny Prasetya (Nasdem), dan Khofida (PKB).

Sementara dari BPBD Jatim, hadir dalam kegiatan ini, Plt Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim yang diwakili oleh Sekretaris BPBD Jatim, Erwin Indra Widjaja. Kemudian Kabid Kedaruratan dan Logistik (KL) BPBD Jatim, Sriyono dan sejumlah pejabat eselon IV.

“Kami mendorong Kabupaten Nganjuk untuk memberikan saran dan usulan permintaan kebutuhan pasca bencana longsor. Dan juga terkait penanggulangan bencana,” kata Masduki.

Pihaknya juga mendorong adanya sinergitas bersama dalam penanggulangan bencana alam. Dalam hal ini peran antara Pemkab, Pemprov dan Pemerintah pusat. Sinergitas ini diakuinya sebagai wujud kebersamaan yang berkaitan dengan penanggulangan bencana.

“Sinergitas ketiganya (Pemkab, Pemprov dan Pemerintah pusat) sangat penting. Yakni dalam pemenuhan kebutuhan untuk relokasi, air bersih dan infrastruktur serta akses jalan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Jatim, Erwin Indra Widjaja menambahkan, pihaknya sudah melakukan survei terkait bencana longsor di Nganjuk. Bahkan, BPBD Jatim akan mengirim tim survei untuk meninjau Early Warning System (EWS) yang rusak.

“Survei terkait bencana longsor sudah kami lakukan. Kami juga mengusulkan adanya relokasi korban terdampak longsor Ngetos sebanyak 54 rumah. Dan lahan untuk relokasi akan disediakan oleh Pemerintah Daerah,” pungkasnya.

Monitoring ini juga dihadiri Dandim Kabupaten Nganjuk, Camat Ngetos, Sekretaris Camat Ngetos, Kepala Desa Ngetos, Kapolsek Ngetos, Kapolres Nganjuk, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Nganjuk, perwakilan BBWS Brantas dan Dinas PU SDA Jatim. [bed]

Tags: