Komisi I DPRD Situbondo Dukung Aspirasi Kelompok Informasi Masyarakat

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Situbondo, Janur Sasra Ananda saat menerima aspirasi dari perwakilan pengurus KIM Kabupaten Rabu (9/6). [sawawi/bhirawa]

DPRD Situbondo, Bhirawa
Dua personil perwakilan pengurus KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Kabupaten Situbondo mendatangi Komisi I DPRD Situbondo Rabu (9/6).

Maksud kedatangan mereka untuk menyampaikan sejumlah permasalahan krusial yang dialami lembaga tersebut. Satu diantaranya, mengusulkan adanya Perbup KIM serta menganggarkan dana tunjangan serta meminta kantor baru yang representatif.

Marsuki pengurus KIM Kabupaten Situbondo mengatakan, dirinya yang semula berangkat dari KIM Desa Trebungan Kecamatan Panji hanya mendapatkan anggaran Rp10 juta selama masa kerja setahun.

Dana sebesar itu, kata Marsuki, untuk kepentingan operasional saat melakukan penghimpunan data informasi di lapangan. “Dana itu dianggarkan di poin Dana Desa. Tetapi tiap desa nilai anggaran operasionalnya tidak sama dan bervariasi,” jelas Marzuki.

Masih kata Maruki, khusus untuk kegiatan KIM Kabupaten, hingga saat ini tidak memiliki mata anggaran khusus saat ada kegiatan. Tak pelak, ujar dia, selama ini dirinya bersama pengurus KIM yang lain harus merogoh kocek sendiri.

Bahkan, ujar Marzuki, untuk membuat suatu program baru ia harus menghimpun dana swadaya dari para pengurus KIM Kabupaten.

“Untuk itu saya memohon kepada Komisi I DPRD Kabupaten Situbondo agar membantu menyampaikan aspirasi ini. Karena KIM ini keberadaannya sangat strategis di Situbondo,” ujar Marzuki.

Disisi lain Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Situbondo Janur Sasra Ananda, menimpali, pihaknya siap mengawal aspirasi pengurus KIM Kabupaten untuk dipertemukan dengan Bupati Situbondo Karna Suswandi.

Janur memastikan, pada sore ini (kemarin), ia sudah membuat janji untuk bertemu Bupati guna membahas aspirasi dari KIM Kabupaten Situbondo.

“Ya biar nanti teman teman pengurus KIM Kabupaten yang paparan di hadapan Bupati Karna Suswandi. Apa saja permintaannya biar dijelaskan semuanya,” jelas politisi Partai Demokrat itu.

Pria yang sukses menduduki anggota DPRD selama tiga periode itu menambahkan, KIM sangat strategis dalam hal penyebaran informasi terutama kegiatan pembangunan mulai dari tingkat Desa hingga Kecamatan.

Oleh karena itu, imbuh Ketua DPD Partai Demokrat Situbondo itu, OPD terkait untuk siap membantu. “Ya ini masuk leading sektor Dinas Kominfosan Kabupaten Situbondo. Saya juga meminta agar materi paparannya disiapkan oleh pengurus KIM Kabupaten Situbondo,” pungkas Janur Sasra Ananda.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kabupaten Situbondo Dadang Aries Bintoro mengaku sangat mendukung upaya safari pengurus KIM Kabupaten ke berbagai OPD dan instansi terkait.

Intinya, imbuh mantan Camat Sumbermalang itu, jajarannya sangat mendukung semua usulan dan gagasan yang muaranya untuk kemajuan kinerja KIM Kabupaten Situbondo kedepan. “Ya saya sangat mendukung semuanya,” terang Dadang.n [awi]

Tags: