Komisi III DPR RI Setujui Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri

Jakarta, Bhirawa.
Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo telah disetujui para wakil rakyat di Komisi III DPR RI, sebagai calon tunggal Kapolri, menggantikan Jenderal Pol. Idham Azis yang menapaki masa pensiun.

Uji kelayakan dan kepatuhan ( fit and proper test) Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo dilakukan Komisi III DPR RI hari Ragu (20/1). Hasil keputusan fit and proper test ini akan dibawa dalam rapat paripurna DPR RI, dalam waktu dekat. Dan akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan.

“Komisi III memutuskan secara mufakat menyetujui usulan Presiden Joko Widodo, mengenai calon Kapolri. Berdasarkan pertimbangan dan catatan yang disampaikan fraksi-fraksi, akhirnya pimpinan dan anggota Komisi III secara mufakat menyetujui Komjen Pol. Drs Listyo Sigit Prabowo, sebagai Kapolri,” papar Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry usai uji kelayakan dan kepatuhan, Rabu siang (20/1).

Rapat yang digelar untuk uji kelayakan dan kepatutan terhadap Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo dipimpin Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry. Didampingi Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir, Ahmad Sahroni, Desmon J Mahesa dan Pangeran Khairul Saleh.

Seperti diketahui, nama Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri, diajukan Presiden Joko Widodo ke DPOR RI, tertuang dalam Surat Presiden nomor R-02/Pres/01/2021, disampaikan Mensekne Pratikno dan diterima Ketua DPR RI Puan Maharani pada hari Rabu tanggal 13 Januari 2021, lalu. [ira]

Tags: