Komisi IV Geram Perwakilan PT ARS Tidak Sesuai Kapasitas

Hering di ruang komisi IV DPRD Gresik

Gresik, Bhirawa.
Hering Komisi IV DPRD, bersma Disnaker, serikat pekerja independent PT Angkasa Raya Steel ( ARS ). Terkait nasib 41 pekerja yang bersetatus PKWT, ditunda dan membuat anggota dewan geram. Pasalnya, perwakilan pabrik tidak sesuai kapasitan dan tidak bisa mengambil kebihakan.

Hering yang berjalan sekitar 15 menit jadi panas, ketika perwakilan pabrik PT ARS yaitu Gito Sutrisno dari HRD. Mengatakan bahwa secara aturan seharusnya sesuai dan dilakukan evalusi terhadap pekerja. Bila baik bisa jadi karyawan, terkait 41 pekerja tidak paham. Jawaban ini, sontak membuat anggota dewan kaget dan geram.

Anggota Komisi IV DPRD Gresik Noto Utomo langsung interupsi ketua dan berbicara,

Karena kapasitan perwakilan pabrik yang tidak sesuai. Rapat dilanjutkan percuma, dan harus di agendakan lagi yang datang harus sesuai dan bisa mengambil kebijakan.

“Ini nasib 41 pekerja, kalau di ambangkan bahkan sampai di pecat jelas melanggar aturan. Apa lagi mereka rata-rata sudah 5 tahun bekerja, yang statusnya setiap tahun perpanjangan kontrak.”ujarnya.

Sementara Ketua Komidi IV DPRD Gresik Mohammad mengatakan, bahwa rapat di pending dan akan kembali rapat hering pada minggu depan dengan hari yang sama. Karena rapat sekerang, perwakilan yang datang tidak bisa mengambil kebijakan.

“Seharus PT ARS, yang datang adalah manajer HRD Hendrik. Sebagai tidak lanjut, pada minggu ini memeberikan tugas pada Disnaker untuk rapat. Yang hasil dilaporkan ke komisi, untuk selanjutnya di putuskan bersama.”ungkapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja ( Disnaker ) Gresik Ninik Asrukin mengatakan, bahwa sudah lakukan staf fasilitasi tugaskan staf ke pabrik. Dan pada Jumat besok, baru mengundang untuk rapat di kantor, hasilnya nanti akan di sampaikan pada komisi IV.

Sementara M. Mukhlish, Serikat pekerja independent PT Angkasa Raya Steel mengatakan. Bahwa tuntutannya adalah 41 pekerja status PKWT. PKWT tidak tercatat dalam Disnaker, ada autsorsing untuk pekerjaan satpam. Selama 5 tahun setiap tahun perbaiki kontrak, kalau tidak mau dianggap mengundurkan diri. Meminta dewan untuk memfasilitasi, agar status pekerja bisa jelas. [kim]

Tags: