Komisioner KPU Terlantik Jangan Sampai Main Politik

3-lantik-KPU-wedTulungagung, Bhirawa
Bupati Tulungagung Syahri Mulyo SE meminta komisioner KPU setempat yang baru saja dilantik untuk tidak bermain politik. Komisioner KPU diharapkan dapat bekerja mengelola parpol sesuai perundangan yang berlaku.
“Komisioner KPU itu memang mengelola parpol. Tetapi jangan sampai bermain politik. Kalau sampai berpolitik, kelangsungan pemilu pasti akan terhambat,” ujarnya, Rabu (2/4).
Bupati Syahri berharap anggota KPU Tulungagung yang telah dilantik oleh Ketua KPU Jatim Eko Sasmito SH MH pada Selasa (1/4) sore di Ruang Media Center Kantor KPU Jatim dapat melaksanakan tugas secara profesional. Tidak sampai melenceng dari tugas pokok melaksanakan pemilu secara jujur dan adil.
“Anggota KPU itu terus bersinggungan dengan parpol. Mereka harus hati-hati. Apalagi dalam Pileg 2014,¬† ada beberapa kerawanan di antaranya praktik¬† jual beli suara dan lainnya. Hal itu bisa saja terjadi dalam pemilu yang sebentar lagi dilakukan pemungutan suara,” paparnya.
Bupati Syahri Mulyo hadir saat komisioner KPU Tulungagung hasil seleksi 2014 menjalani prosesi pelantikan di Kantor KPU Jatim kemarin. Dia hadir didampingi pejabat Tulungagung lainnya, di antaranya Kepala Bakesbangpol Pemkab Tulungagung Drs Sukaji MSi.
Sedang lima Komisioner KPU Tulungagung yang dilantik kemarin masing-masing adalah Suprihno MPd, Suyitno Arman Ssos, MSi, Mohamad Fatah Masrun MSi, Victor Febrihandoko dan Agus Safei SH. Suprihno, Suyitno Arman dan Fatah Masrun merupakan komisioner KPU Tulungagung petahana (incumbent) yang terpilih kembali menjadi komisioner KPU Tulungagung periode 2014-2019.
Ketika dilakukan rapat pleno pertama pemilihan ketua dan pembagian tugas di Kantor KPU Jatim seusai acara pelantikan, terpilih Suprihno sebagai Ketua KPU Tulungagung. Ia yang alumnus Universitas Jember (Unej) ini menggantikan kedudukan Suyitno Arman yang kini menjadi anggota KPU dengan tugas baru di Divisi Sosialisasi.
Sementara itu, Eko Sasmito saat memberi sambutan dalam pelantikan anggota KPU Tulungagung berharap lima komisioner KPU yang dilantik dapat segera bekerja. Masalahnya, pelaksanaan pemumgutan suara Pileg 2014 sudah ada di depan mata. “Pelaksanaan Pileg sudah dekat. Bagi yang baru menjadi komisioner segera saja menyesuaikan diri dan langsung bekerja bersama-sama lainnya untuk menyukseskan Pileg 2014,” ujarnya.
Eko Samito menyatakan lima komisioner KPU Tulungagung yang dilantik kemarin merupakan yang terbaik dari 10 nama calon anggota KPU Tulungagung periode 2014-2019 hasil seleksi yang dilakukan Tim Seleksi. [wed]

Tags: