Komitmen Hotel Tugu Kota Malang Tetap Melestarikan Budaya

Kota Malang, Bhirawa
Hotel Tugu Malang tetap, konsisten sebagai tempat aktivitas dan kreativitas para seniman dalam upaya mengangkat, menggali, serta pelestarian dan pengembangan nilai nilai seni budaya Indonesia, di tanggal 15 Maret 2020 mendatang, berkolaborasi dengan beberapa seniman muda dari Cakra Baruna Studio menampilkan An Evening of Ethnomusicology – Contemporary Karawitan Collaboration.
Richard Wardhana selaku Public Relation, mengutarakan satu kesenian yang dimiliki bangsa Indonesia adalah Seni Karawitan Jawa.
Kesenian karawitan ini merupakan kesenian yang sangat terkenal tidak hanya di masyarakat Jawa melainkan di seluruh Indonesia juga sebagai salah satu warisan seni dan budaya yang kaya akan nilai historis dan filosofis. Karawitan sendiri berasal dari bahasa jawa rawit berarti rumit, berbelit belit, tetapi rawit juga berarti halus, cantik, berliku-liku dan enak.
“Sehingga pengertian karawitan bisa diartikan sebagai suatu karya seni yang memiliki sifat yang halus, rumit, dan indah,”tukasnya.
Eksistensi musik tradisional karawitan di era millenial saat ini, menurutnya, memang sulit ditemui. Sebagai bentuk komitmen Hotel Tugu Malang dalam menjaga pilar-pilar budaya maka dibuatlah kolaborasi musik tradisional Jawa dengan musik modern.
Ia menyebut, musik Karawitan merupakan seni gamelan bertangga nada slendro dan pelog ini akan dikolaborasikan dengan alunan instrumen gitar, biola, dan lainnya.
Kolaborasi ini, menurut dia, nantinya akan menghasilkan improvisasi menarik dan mempertontonkan aksi-aksi memukau dari kedua genre musik. Penampilan musikalitas Cakra Baruna Studio ini akan menghadirkan lagu-lagu klasik seperti Ayun-ayun, Mehrahina, Wohing Aren juga beberapa lagu rakyat populer seperti Penghijauan, Swara Suling, Bela Bangsa, Malang Ijo Royo-Royo, Ayo Dolanan, Wong Ndunya.
Nikmati berbagai pilihan makanan nusantara dari restoran Melati seperti, beragam pilhan Nasi Rawon, Nasi Buk, Rendang Padang, Tugu Risjtaffel dan masih banyak lagi. Pertunjukan akan diadakan di Tirtagangga, Hotel Tugu Malang. Ruang perjamuan yang sangat elegan dan eksotis ini terinspirasi oleh sejarah dari India, Arab, Cina dan Mongolia Silk and Spice Roads. [mut]

Tags: