Komitmen Memajukan Pertanian di Era 5.0

foto ilustrasi

Hanya dengan pertanian yang baik negara ini bisa kuat, sehingga tidak salah jika pemerintah perlu terus berkomitmen memajukkan pertanian. Terlebih lagi pertanian merupakan sektor inti yang menjadi fokus perhatian pemerintah. Pertanian juga menjadi fondasi penting bagi bergeraknya perekonomian suatu negara dengan terus meningkatkan produktivitas pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia. Apalagi, saat pandemi Covid-19 menghentak dunia dan membuat semua orang tidak berdaya serta melambatkan pertumbuhan perekonomian dunia, pertanian mampu menjadi sektor yang tetap bertahan dan tumbuh.

Merujuk dari data pendapatan domestik bruto (PDB), hanya pertanian yang naik. Sektor lain semua minus. Ekspor pertanian Indonesia juga naik 15,79 persen dengan nilai Rp 451,77 triliun pada 2020 dan dilanjutkan pada triwulan I 2021 sektor ekspor pertanian Indonesia sudah menyumbang 39,99 persen. Dilanjutkan dari data BPS (2021), sektor pertanian tumbuh positif pada triwulan II 2020 PDB sektor pertanian tumbuh 16,24 persen quarter to quarter. Sedangkan, nilai ekspor kumulatif selama Januari- Desember 2020 mencapai 451,8 triliun, meningkat 15,79 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 sebesar 390,2 triliun, (Republika, 11/7/2021).

Itu artinya, sektor pertanian mampu memberikan progresifitas yang cukup baik dan sudah semestinya dapat lebih dimajukan. Salah satu cara untuk memajukan sektor pertanian tanah air adalah memampukan petani dengan penguasaan teknologi. Pasalnya, untuk memajukan sektor pertanian, tentu petani perlu mampu menguasai teknologi, terlebih era 4.0 telah dilewati dan Indonesia akan segara memasuki era 5.0. Pasalnya, pada era baru itu, pertanian akan tetap menjadi sektor penting. Artinya, pemanfaatan teknologi dan mekanisasi di bidang pertanian tidak terhindarkan.

Dengan demikian, semakin jelas adanya bahwa di masa depan, pertanian Indonesia akan sangat bergantung pada penguasaan teknologi, untuk itu saatnya Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) mampu memberi pelatihan dan mencetak tenaga-tenaga terlatih untuk terus menggerakan pertanian ke arah yang lebih maju, mandiri dan modern.

Gumoyo Mumpuni Ningsih
Dosen FPP Universitas Muhmammadiyah Malang

———– *** ———-

Tags: