Komitmen Pemilu Aman dan Damai Ditandatangani

Lumajang, Bhirawa
Guna melaksanakan Pemilu 2014 yang aman dan damai Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Lumajang, KPU, Panwaslu, Parpol (Partai Politik) peserta Pemilu dan  jurnalis menandatangani Komitmen Bersama Pemilu Aman dan Damai, di Stadion Semeru Lumajang akhir pekan kemarin.
Seluruh elemen yang hadir dalam kegiatan ini, antara lain Bupati DR H Sjahrazad Masdar, Wakil Bupati Drs H As’at Malik, Mag, Kapolres¬† AKBP Singgamata, Dandim 0821 Letkol Inf Akhyari, Kajari Sudianto, SH, Ketua PN, KPU, Panwaslu Lumajang dan Parpol peserta Pemilu.
Mereka membubuhkan tanda tangan di baliho besar dan dipampang yang telah disediakan. Setelah menandatangani dan merapatkan barisan sambil bergandengan, secara bersamaan seluruh elemen melepas balon dan merpati sebagai tanda komitmen bersama untuk melaksanakan Pemilu yang aman dan damai di Kota Pisang ini dan dilanjutkan dengan olah raga bersama.
Kapolres Lumajang AKBP Singgamata mengajak seluruh elemen untuk merapatkan barisan guna mendukung suksesnya Pemilu 2014. “Saya sangat berharap, dengan olahraga bersama, maka tubuh akan sehat dan dengan sehat, maka segala kegiatan bisa dilaksanakan sebaik-baiknya,” katanya.
Selain itu, lanjut Singgamata kegiatan tersebut digelar untuk mencairkan suasana dan mengakrabkan berbagai elemen menjelang Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden mendatang. Melalui olahraga bersama, semua unsur yang ada di Kabupaten Lumajang bisa merapatkan barisan dan menjalin komitmen bersama untuk menciptakan Pemilu yang aman dan damai.
Selanjutnya, As’at Malik Wakil Bupati mengatakan, Pemkab Lumajang mendukung inisiatif Kapolres Lumajang untuk mengumpulkan berbagai elemen, baik pemerintah, penyelenggara Pemilu, Parpol dan aparat keamanan dalam rangka mewujudkan Pemilu yang damai dan aman. “Siapapun yang nanti akan mendapatkan suara terbanyak, diharapkan membangun masyarakat Lumajang yang sejahtera dan bermartabat,” kata Wabup.
Sementara itu, Yuyun Baharita, A.Ma.Pd Komisioner KPU Kabupaten Lumajang menyampaikan, inisatif penanda-tanganankomitmen bersama Pemilu Aman dan Damai yang dilaksanakan kali ini, merupakan upaya positif bagaimana mendidik berbagai elemen untuk menjalankan cara-cara berdemokrasi yang baik. “Berkenaan dengan kegiatan ini, tentu didukung,” jelas Yuyun.
Bahkan, selaku penyelenggara Pemilu, KPU Lumajang sangat berterima kasih sekali karena Polres Lumajang bisa menggagas dan menggelar kegiatan ini. ”Untuk itu, ke depan saya berharap pelaksanaan Pemilu bisa terlaksana dengan sukses sesuai harapan bersama,” tandasYuyun Baharita. [yat]

Tags: