Kompetensi Pegawai Kunci Layanan Prima

Kepala LHKPP Umsida, Hasan Ubaidillah saat memberikan paparannya. [achmad suprayogi/bhirawa]

Kepala LHKPP Umsida, Hasan Ubaidillah saat memberikan paparannya. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Penerimaan serta merespon cepat terhadap pengaduan masyarakat agar lebih optimal di tahun 2017 mendatang. Pemkab Sidoarjo melalui P3M (Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat), Kamis(8/12) telah melakukan Monev (Monitoring dan Evalusi) bersama seluruh perwakilan SKPD dan kecamatan se Kab Sidoarjo.
Menurut Kepala Sub Bag P3M, M Rofik SSos MM, kalau peran P3M cukup penting apabila tugas dan fungsinya lebih dioptimalkan lagi. Sehingga di tahun 2017 nanti, P3M akan siap menyongsong struktur baru dengan dukungan kompetensi pegawai dan kesadaran bersama seluruh jajaran SKPD Kab Sidoarjo. ”Jadi menerima pengaduan dan merespon dengan cepat layananan masyarakat adalah bagian dari bentuk/kunci layanan prima yang dirasakan oleh masyarakat,” jelas M Rofik.
Rapat koordinasi Monev yang diselenggarakan Bagian Humas dan Protokol Setda Kab Sidoarjo dan dibuka Kabag Humas dan Protokol H Machmudi Alie SH MH telah banyak menghasilkan catatan penting. Diantaranya kemampuan SDM, sarana dan prasarana, sehingga harapan untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat sekarang ini dirasa masih belum optimal.
Machmudi juga mengingatkan kembali bahwa pemerintah kini dituntut untuk terus melakukan perbaikan pelayanan, dan pelayanan dikatakan baik apabila masyarakat mendapatkan kemudahan-kemudahan. ”Dengan lebih mengoptimalkan P3M, tujuannya untuk membantu dan menjembatani antara masyarakat dan SKPD, terutama SKPD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” katanya.
Lanjutnya, perbaikan dan evaluasi serta monitoring layanan pengaduan mutlak harus terus dilakukan dan pegawai yang ditugaskan dibagian pelayanan pengaduan harus memiliki komunikasi yang baik, dengan begitu P3M di tahun 2017 nanti diharapkan akan menjadi wadah yang efektif bagi layanan pengaduan Pemkab Sidoarjo. ”Sehingga dengan adanya P3M yang lebih optimal akan memberikan kontribusi yang cukup signifikan membantu pemerintah dalam melayani masyarakat,” terang Machmudi Alie. [ach]

Tags: