KONI Jatim Survey Venue OR di Kota Batu, Pastikan Porprov Jatim 2025 Sukses dan Aman

Rombongan KONI Jatim didampingi KONI dan Pemkot Batu meninjau beberapa venue OR tempat penyelenggaraan Porprov Jatim 2025, Jumat (19/4).

Kota Batu,Bhirawa.
Beberapa venue olahraga telah diajukan Pemkot Batu untuk  penyelenggaraan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jatim 2025 yang digelar di Malang Raya. Dan hari ini, Jumat (19/4) KONI Jatim meninjau kondisi dan kesiapan venue tersebut untuk memastikan kelayakannya sehingga Porprov Jatim bisa terselenggara aman dan lancar.
 
Kedatangan Ketua KONI Jatim, M Nabil dan rombongan disambut langsung Ketua Umum KONI Kota Batu, Sentot Ari Wahyudi bersama pengurus KONI yang membidangi Porprov Jatim. Selain itu ikut mendampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, M Chori.
 
Sentot mengharapkan pengajuan venue ini bisa diakomodir KONI Jatim. Bahkan ia optimis ada 12 venue yang akan disetujui sebagai tempat penyelenggaraan porprov. “Kita akan berupaya maksimal apalagi penyelenggaraan Porprov di Malang Raya ini akan berdampak pada perekonomian masyarakat,” ujar Sentot, Jumat (19/4).
 
Di antara venue yang diajukan Kota Batu yaitu, Gunung Banyak untuk cabor paralayang, tenis meja di GOR Ganesha, tarung derajat di Hotel Ciptaningati, gulat dan anggar di GOR Gajahmada.
 
Kemudian cabor bridge di Hotel Selecta, tinju di halaman Balai Kota Among Tani, MMA di Pasar Among Tani, e-spot di Lippo Plaza. Kemudian untuk sepak bola dan gate ball di Hotel Kusuma Agrowisata.
 
“Adapun untuk arung jeram di sungai Dadaprejo, dan downhill di Desa Toyomerto,” tambah Sentot.
 
Ditambahkan Kadindik Kota Batu, M Chori bahwa Kota Batu memiliki insfrastruktur yang siap untuk menyelenggarakan even bergengsi ini. “Kita punya segala tingkatan hotel, penginapan hingga homestay, termasuk kulinernya. Bersama KONI Batu, kita siap mensukseskan acara ini,” ujar Chori.
 
Sementara, Ketua KONI Jatim M Nabil disela survei venue Porprov Jatim meminta agar KONI di Malang Raya untuk mengoptimalkan persiapan sedemikian rupa terhadap kebutuhan kontingen. “Jadi apa yang diinginkan dan dibutuhkan semua kontingen porprov harus tersedia di venue Malang Raya termasuk Kota Batu,” ujar Nabil.
 
Ia menegaskan bahwa hari ini KONI Jatim melihat kesiapan tiga daerah di Malang Raya dalam penyelenggaraan Porprov Jatim. Dan ini dimulai dengan mengunjungi kesiapan Kota Batu terlebih dahulu.
 
Adapun sasaran survei adalah melihat kesiapan venue di Kota Batu dalam hal akomodasi dan transportasinya, termasuk kesiapan fasilitas lain. Di antaranya, kesiapan fasilitas kuliner untuk makan kontingen, serta kesiapan hotel untuk atlet dan keluarga.
 
Nabil memastikan KONI Jatim siap mendampingi manajemen penyelenggaraan yang baik hingga meningkatkan kualitas prestasi atlet. Nabil berharap agar pelaksanaan Porprov Jatim di Malang Raya sukses dalam penyelenggaraan, pelaksanaan, prestasi dan administrasi.
 
Ia meminta agar panitia penyelenggara mencontoh daerah yang sudah melaksanakan Porprov. Seperti Kabupaten Mojokerto yang menerapkan digitalisasi informasi sebagai marketing saat pelaksanaan Porprov Jatim 2023.
 
Disisi lain, citra Batu sebagai Kota Wisata adalah hal yang menguntungkan promo perhelatan Porprov Jatim 2025. Dengan memiliki label Kota Wisata maka wisatanya harus ditonjolkan.
 
Demam Porprov Jatim 2025 harus dimulai dari Kota Batu. Gelar porprov harus tersosialisasi dengan baik sehingga masyarakat mengetahui ada sebuah even olahraga terbesar di Jawa Timur dan beberapa di antaranya dilaksanakan di Kota Batu.(nas.hel)

Tags: