KONI Kota Batu Siapkan Target 10 Besar “Porprov Jawa Timur 2022′

Ketua Umum KONI Kota Batu, Drs Mahfud (kanan) didampingi sekretarisnya, Cahyono Hadi S Sos saat memaparkan persiapan Kota Batu menyambut Porprov 2022, Jumat (3/12).

Kota Batu,Bhirawa
Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu membulatkan tekad untuk memperbaiki peringkat dalam Porprov Jatim tahun 2022. Jika sebelumnya Kota Batu bertengger di peringkat 17 dari 38 peserta, tehun depan KONI Batu menargetkan bisa naik peringkat masuk 10 besar. Karena itu berbagai program telah disiapkan KONI Batu agar target bisa tercapai.

Ketua KONI Batu, Drs Mahfud memaparkan ada tujuh cabang olah raga (cabor) yang menjadi unggulan bagi Kontingen Kota Batu untuk bisa meraih medali emas di Porprov 2022. Empat di antaranya merupakan cabor kategori bela diri, mulai dari Gulat, Wushu, Tarung Drajat, dan Tinju.

“Bahkan untuk Cabor Wushu, saat ini atlet kita ada yang sedang mewakili Jatim dalam Kejurnas Wushu yang diselenggarakan di Jakarta,”ujar Mahfud alam jumpa press di Aula KONI Kota Batu, Juat (3/12).

Selain kategori bela diri, Kota Batu juga memiliki tim Cabor Paralayang yang jua diunggulkan bisa menyumbang medali emas. Bahkan untuk cabor ini, KONI Kota Batu menargetkan tim paralayangnya bisa merebut kursi juara umum.

“Selain itu kita juga memiliki atlet unggulan di cabor selam dan sepeda downhill. Namun untuk kedua cabor ini jumlah atlet kita tidak sebanyak atlet paralayang ataupun olah raga bela diri,”jelas Mahfud.

Tetapi ia tetap yakin untuk atlet selam dan sepeda downhill akan mampu menyumbangkan medali emas.
Agar target masuk peringkat 10 besar tercapai, KONI Batu telah menyiapkan program bagi para atletnya. Pertama, KONI Batu akan mulai melaksanakan Pemusatan Latihan tingkat Kota (Puslatkot) pada minggu kedua bulan Januari 2022. Kedua, akan dilakukan pengukuran dan kajian ilmiah dengan berbasis sport science dan iptek.

“Untuk melaksanakan sport science ini kita melakukan kerja sama dengan konsultan olah raga dari Fakultas Keolahragaan Universitas Negeri Malang (UM). Program ketiga, KONI Batu juga akan memberikan tambahan asuban gizi bagi atlet. Sedangkan program keempat kita juga menyiapkan pendampingan psikolog bagi atlet,”tambah Mahfud.

Semua persiapan sekaligus pelaksanaan program menghadapi Porprov 2022 ini akan menjadi fokus pembahasan Rapat Kerja (Raker) KONI Batu yang akan digelar pada 5 Desember 2021, bertempat di Hotel Selecta Kota Batu. Untuk itu KONI tema khusus dalam raker tersebut yaitu.

‘Satu Tekad Naik Prestasi Batu Peringkat 10 Porprov 2022’.
Kordinasi yang baik antara Pengurus KONI, Pengurus Cabor, dan para pelatih diharapkan mampu melancarkan pencapaian target Kota Batu masuk 10 besar. “Batu 10 juga bisa diartikan bahwa Kota Batu mampu meraih 10 medali emas dimana di Porprov sebelumnya Kota Batu hanya meraih 5 medali emas,”tandas Mahfud.(nas)

Tags: