Kontrak Pemanfaatan GOR Kertajaya Kedaluwarsa

GOR Kertajaya SurabayaSurabaya, Bhirawa
Pemprov Jatim saat ini harus memperketat pengawasaan terhadap aset sarana olahraga yang berada di kawasan Jalan Kertajaya Indah Timur, Surabaya, karena hingga saat ini para pemanfaat sudah habis masa kontraknya dan tak satupun yang memperpanjang izin ke pemprov.
Menurut Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Jatim, Dr Sugeng Riyono,¬† masa kontrak pemanfaat sebenarnya sudah lama habis, namun tak satupun mengajukan izin perpanjangan ke pemprov. “Semua lembaga atau organisasi bisa memanfaatkan fasilitas olahraga milik pemprov, asal mengajukan surat izin ke Gubernur Jatim melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jatim,” katanya, Kamis (11/9).
Lebih lanjut Sugeng menjelaskan, BPKAD selama ini menjadi pihak pengelola semua aset olahraga termasuk Kantor KONI Jatim, kemudian Dispora ditunjuk sebagai pihak pengguna. Sedangkan KONI Jatim dan pengprov disebut sebagai pihak pemakai. Nah pemanfaat adalah organisasi atau lembaga yang ingin menggunakan aset tersebut. “Bahkan jika banyak peminat, bisa diadakan lelang,” kata Sugeng Riyono.
Sebelumnya Pengprov Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) berminat untuk menjadi pemanfaat gedung GOR Tenis Meja yang saat ini masih dipakai oleh  Klub Tenis Meja Harapan Cerah Insan yang Sejati (HCIYS) yang kontraknya sudah habis.
Pihak pengurus sebenarnya juga sudah mengajukan ke KONI Jatim, hanya saja saat dikonfirmasi, Ketua Harian KONI Jatim, Dhimam Abror menegaskan kalau KONI tidak memiliki wewenang untuk menyerahkan GOR Tenis Meja ke pengurus PTMSI Jatim karena aset itu milik Pemprov Jatim.
Menanggapi masalah ini, Sugeng menyatakan kalau PTMSI bisa menjadi pengguna GOR Tenis Meja asalkan mengajukan surat izin ke Gubernur Jatim melalui BPKAD. “Pihak pengprov bisa mengajukan izin, karena kontrak dengan pemanfaat sekarang sudah habis,” katanya.
Seperti diketahui, venue olahraga di kawasan Kertajaya Indah Timur seperti, GOR bola basket, renang, Lapangan KONI, Dojo Karate, GOR Tenis Meja, GOR Judo dan GOR Sudirman (bulu tangkis). [wwn]

Tags: