Koramil 0809/02, Pesantren dan Warga Normalisasi Irigasi Pertanian

Anggota Koramil dibantu masyarakat sedang membersihkan saluran irigasi, agar aliran iar bisa lancar.

Karya Bakti TNI Satkowil
Mojokerto. Bhirawa
Normalisasi dan membersihkan saluran air bagi pertanian menjelang musim penghujan tiba, adalah pekerjaan yang sangat dibutuhkan oleh para petani agar aliran air bisa lancar masuk lahan pertanian.

Demikian juga jika saat musim hujan tiba, air melimpah maka bisa terbuang ke saluran semestinya dan tidak menggenangi tanaman. Untuk itu pada karya bhakti TNI Satkowil, Koramil Pesantren. Kodim 0809 Kediri. Korem 082/CPYJ. Mojokerto menggelar Normalisasi Irigasi Pertanian, di daerah binaan.

Kapenrem 082/CPYJ. Mojokerto. Mayor Caj. Supranoto mendampingi Dandim 0809 Kediri. Letkol. Kav. Dwi Agung sutrisno SE.Msi. kamis 15/10/20. Membenarkan jika dalam rangka karya bakti TNI. Satkowil. Koramil Pesantren menggelar normalisasi saluran irigasi pertanian.

Hal ini guna mendukung sepenuhnya Kediri sebagai lumbung padinya Jatim. Yang merupakan salah satu kekuatan penyumbang stok pangan Nasional. Untuk itu kita sangat eksis dalam menjaga stabilitas produksi khususnya komoditas padi. Melalui upaya khusus seperti normalisasi saluran irigasi pertanian.

Terkait hal tersebut, kepada Koramil jajaran agar mengiventarisir saluran irigasi yang belum diplenseng di wilayah binaannya, nanti kita usulkan pembangunannya kepada Instansi terkait, agar saluran irigasi tersebut mendapat priorotas, pembangunannya.Jelas Dandim.

Sementara itu Danramil.Pesantren. Kapten. Arh. Ajir saat dikonfirmasi terpisah menambahkan, jika Karya Bakti TNI Koramil 0809/02 Pesantren Kodim Kediri dengan sasaran pembersihan saluran irigasi yang ada di lingkungan persawahan Pulerejo Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren Kota Kediri.atas pengajuan kelompok tani Kelurahan Bawang

Langkah awal pada Karya Bakti TNI Satkowil Semester II Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Koramil 0809/02 Pesantren selama 2 hari mulai pada tanggal 7 dan 8 Oktober 2020 lalu tersebut adalah pembersihan rumput liar dan pohon dikiri kanan saluran yang rumpunnya mempersempit saluran irigasi dengan melibatkan Anggota Koramil 0809/02 Pesantren dan belasan anggota kelompok tani dan warga.

Kegiatan tersebut sebagai bagian dari upaya menjaga stabilitas produksi pertanian diwilayahnya dalam mendukung program ketahanan pangan nasional, sehingga petani jangan sampai kesulitan irigasi yang diakibatkan oleh gangguan saluran seperti itu.

Adapun program Karya Bhakti TNI Satkowil Semester II Tahun 2020 dengan tema “Karya Bakti TNI Wujud Nyata Pengabdian Untuk Rakyat” dengan sasaran fisik dan non fisik. Untuk non fisiknya kita laksanakan giat pemberian materi wawasan kebangsaan yang kami laksanakan di aula Koramil dengan mengundang 30 perwakilan karang taruna dan pelajar yang ada di Kecamatan Pesantren pada selasa 6 Oktober 2020 lalu, kegiatan itu bertujuan untuk menambah wawasan kebangsaan bagi pemuda generasi bangsa akan cinta tanah air dan bela negara demi kokohnya NKRI.

Sedangkan untuk giat fisiknya kita laksanakan di Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren dengan sasaran pembersihan saluran irigasi pertanian, dengan tujuan untuk menggerakan kembali semangat gotong royong dan mengantisipasi adanya banjir memasuki musim penghujan,”Tambah Danramil.(min)

Tags: