Koramil 0814/09 Kudu Jombang Gelar Karya Bhakti Tanam Pohon

Anggota Koramil 0814/09 Kudu, Jombang saat melakukan penanaman pohon, Rabu (15/01/2020). [arif yulianto/ bhirawa].

Jombang, Bhirawa
Anggota Koramil 0814/09 Kudu Kodim 0814 Jombang bersama masyarakat dari berbagai elemen, melaksanakan penanaman seribu pohon sejauh 1,5 kilometer di sepanjang sungai kanal penghubung antara Dusun Kalongan, Desa Menturus, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang dengan Desa Keboan, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang, Rabu (15/01/2020).
Program penghijauan yang diikuti oleh anggota Koramil 0814/09 Kudu, Polsek setempat, kepala desa beserta perangkatnya, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan warga setempat bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan lingkungan agar lebih indah dan sejuk serta meminimalisir resiko terjadinya bencana banjir maupun tanah longsor yang di akibatkan abrasi sungai kanal.
Danramil 0814/09 Kudu, Jombang, Kapten Inf Ngatari mengatakan, jenis pohon yang ditanam yakni Sengon, Trembesi dan Mahoni. Diharapkan kedepannya selain menjadikan lingkungan teduh, sekaligus untuk menahan terjadi longsor (abrasi), sebab pohon tersebut mempunyai kedudukan yang spesial karena bisa bermanfaat menahan air.
“Kegiatan ini mendapat dukungan semua pihak, terutama dalam hal pemeliharaan, karena percuma kalau kita tanam tetapi bila tidak ada perawatan, karena pohon ini nantinya akan dinikmati oleh anak cucu kita juga. Dengan adanya kegiatan bersama ini diharapkan dapat menjalin komunikasi dan silaturrahim dengan masyarakat maupun sesama aparat di wilayah Kecamatan Kudu,” kata Danramil 0814/09 Kudu, Jombang yang hadir saat itu.
Warga sekitar diharapkan juga turut serta memelihara pohon tersebut agar bisa hidup dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.
Terkait kegiatan penghijauan ini, Kepala Desa Menturus, Nyamiati (51) menyatakan rasa terima kasihnya khususnya kepada Koramil 0814/09 Kudu, Jombang yang memberikan perhatian terhadap kondisi sungai saat ini, sehingga melakukan kegiatan penanaman pohon di sekitar sungai kanal.
“Semoga tanaman tersebut dapat bermanfaat bukan hanya bagi masyarakat tetapi juga lingkungan. Kami sangat mengapresiasi kegiatan penghijauan yang di laksanakan ini yang dimana sangat bermanfaat kedepan,” pungkasnya.(rif.min)

Tags: