Koramil 0815/16 Pacet-BPPD-Perhutani Bersihkan Material Longsor

Tampak dalam foto segenap anggota koramil Pacet dibantu warga kembali kerja bakti menuntaskan dan membersihkan material longsor di jurang gembolo.

Mojokerto. Bhirawa
Berhati- hati serta waspadalah jika anda melintasi jalanan di Kawasan wisata Pacet dan Trawas Kabupaten Mojokerto, di bulan februari 2021 ini. Pasalnya hujan deras dengan intensitas tinggi dibarengi dengan angin kencang sering melanda wilayah Kabupaten Mojokerto, khususnya Pacet dan Tawas.

Sehingga menyebabkan terjadinya pohon tumbang, luapan air dan tanah longsor di berbagai titik. Salah satunya di jalan raya Trawas-Pacet, selama dua hari berturut yakni Selasa dan Rabu malam 3/2/21. tanah longsor telah terjadi Desa Cempokolimo dan di kawasan Jurang Gembolo, Desa Cembor, Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto.

Karena kawasan ini merupakan masuk peta rawan bencana maka langsung direspon Koramil 0815/16 Pacet dengan terjun langsung ke lokasi kejadian. Selain Personel Koramil 0815/16 Pacet, Perhutani BKPH Pacet dan TRC BPD Kabupaten Mojokerto.

Adapun material longsor dari tebing dengan ketinggian kurang lebih 10 meter dan lebar longsoran mencapai 4 meter mengakibatkan menutup separuh jalan raya yang menghubungkan antara Desa Cembor Kecamatan Pacet dan Kecamatan Trawas.

Danramil 0815/16 Pacet. Kapten Caj. Lutfi Anam. Kamis 4/2/21 menuturkan, untuk mengatasi dampak bencana alam tersebut, Koramil 0815/16 Pacet bersinergi dengan TRC BPD Kabupaten Mojokerto, Perhutani BKPH Pacet dan masyarakat setempat membersihkan material longsor berupa tanah dan bebatuan di kawasan Jurang Gembolo.

Penyebab tanah longsor yang terjadi kali ini terjadi akibat hujan deras disertai angin yang melanda wilayah Mojokerto bagian selatan, termasuk kawasan wisata Pacet – Trawas.

Longsor di Jurang Gembolo Desa Cembor, terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. Kemudian saat itu juga, hingga pukul 20.00 WIB, petugas gabungan dari Koramil Pacet, BKPH Pacet dan TRC BPBD Kabupaten Mojokerto dengan dibantu masyarakat setempat melakukan pembersihan secara manual,” terang Danramil.

Kemudian, lanjut Danramil, pada Kamis (04/02) sekitar pukul 07.00 WIB, dilakukan karya bakti pembersihan sisa material longsor di kawasan tersebut. “Karya bakti pembersihan material longsor berupa tanah dan bebatuan dituntaskan hingga pukul 09.30 WIB dan arus lalu lintas di kawasan tersebut kembali normal,” pungkas pria kelahiran Mojosari, Mojokerto. (min)

Tags: