Koramil Gondang Siap Sukseskan Lima Program Lokakarya Lintas UPT PKM

Lokakarya Mini Lintas Sektor TW III Tahun 2022 di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor UPT Puskesmas Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Selasa (20/9).

Mojokerto, Bhirawa.
Koramil 0815/18 Gondang Kodim 0815/Mojokerto bersama Forkopimcam dan UPT Puskesmas Gondang mengadakan kegiatan pertemuan Lokakarya Mini Lintas Sektor TW III Tahun 2022 di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor UPT Puskesmas Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Selasa (20/9).

Kegiatan ini merupakan upaya UPT Puskesmas Gondang bersama Koramil 0815/18 Gondang dan sektor terkait dalam meningkatkan fungsi dan kerja sama tim yang selama ini telah terbangun melalui pemantauan cakupan pelayanan dan pembinaan peran serta masyarakat secara terpadu.

Kepala UPT Puskesmas Gondang dr. Rohmatun Naja, dalam pengantarnya menjelaskan, beberapa program kesehatan dari pemerintah merupakan tanggung jawab kita bersama sehingga dibutuhkan kerja sama yang lebih solid untuk mensukseskannya.

“Dan, Hingga saat ini, perkembangan Covid-19 masih belum berakhir sehingga kita harus tetap waspada, stunting pun demikian sejauh ini upaya masing-masing sektor telah berjalan dengan baik, namun perlu lebih dioptimalkan penyuluhannya”,tuturnya.

Sedangkan terkait program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), lanjutnya, telah dilaksanakan dengan target capaian 100% untuk wilayah Kabupaten Mojokerto. “Secara lintas sektor ada lima program yang harus kita kerjakan, yakni pencegahan angka kematian ibu dan anak, percepatan dan perbaikan gizi masyarakat, peningkatan pengendalian penyakit, budidaya perilaku hidup bersih dan sehat melalui Germas dan penguatan sistem kesehatan dan pengawasan obat dan makanan”, ujarnya.

Danramil 0815/18 Gondang Kapten Czi M. Saikhu Anwar, yang hadir pada kegiatan ini, menegaskan, pihaknya siap mendukung dan bersinergi dengan pihak manapun untuk kepentingan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Kami dari intansi TNI-Polri siap membantu, dalam mensukseskan progam unggulan Puskesmas demi menyelesaikan permasalahan kesehatan khususnya di wilayah Kecamatan Gondang.

Terkait masalah stunting, sesuai instruksi Presiden upaya penyelesaiannya harus dilakukan secepatnya, perkembangan setiap hari harus diupdate sehingga data perkembangan dapat diketahui secara terperinci. “Anak-anak adalah masa depan negara, sehingga penanganan stunting harus terselesaikan”, tutup Danramil.

Tampak hadir dalam kegiatan Sekretaris Kecamatan Gondang Poniman S.Pd., M.M., Kapolsek Gondang AKP Syaiful Isro’, S.H., Kepala KUA Gondang H. Samsul Hadi, serta instansi terkait di wilayah Gondang, yakni Koordinator P2KB P2, Ketua TP PKK, Koorwil Pendidikan, UPT Distan/BPT, UPT Pengairan, dan Kepala Desa se-wilayah Kecamatan Gondang.(min.gat)

Tags: