Koramil Mojowarno Jombang Hidupkan Gotong Royong Desa

Babinsa 0814/09 Kudu, Jombang saat melaksanakan PSN bersama sejumlah pihak, Jumat (24/01/2020). [arif yulianto/bhirawa].

Jombang, Bhirawa
Bersama Rakyat TNI Kuat, kalimat inilah yang saat ini tengah diwujudkan anggota Koramil 0814/15 Mojowarno, Kodim 0814 Jombang bersama masyarakat Desa Sidokerto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Danramil 0814/15 Mojowarno, Jombang, Kapten Inf Andik Purwanto memimpin langsung kegiatan karya bakti pembersihan aliran sungai irigasi dari sampah dan rumput liar sepanjang sungai di Dusun Ngemplak, Desa Sidokerto Kecamatan Mojaowarno, Kabupaten Jombang sepanjang150 meter, Sabtu (25/01/2020).
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengindari banjir yang selama ini sering terjadi di wilayah tersebut. Selain itu, manfaat yang bisa diambil dalam karya bakti ini yakni agar semua pihak, baik aparatur pemerintahan desa dan masyarakat sekitar sadar serta mengerti tentang pentingnya menghidupkan sistem gotong royong masyarakat di desa setempat dan menjaga kebersihan lingkungan saat musim penghujan tiba.
Kapten Inf Andik Purwanto mengatakan, gotong royong merupakan warisan dari nenek moyang Bangsa Indonesia sejak dahulu kala dan perlu ditanamkan sejak dini kepada para generasi muda.
“Apabila tidak kita tanamkan sejak dini maka warisan gotong-royong akan tergerus oleh perkembangan zaman sekarang yang merupakan zaman era digital,” ujar Kapten Andik Purwanto.
Pembersihan di sepanjang sungai ini di bagi sebanyak tiga sektor diantaranya, pembersihan sungai, pembersihan Alang- Alang sepanjang jalan di Dusun Ngemplak serta pemotongan pohon yang menghalangi kabel listrik.
Kepala Desa Sidokerto, Abdul Halim mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada para anggota Koramil Mojowarno yang telah membantu kerja bakti sehingga berjalan sukses, terutama pada sektor pembersihan sungai di Dusun Ngemplak Desa Sidokerto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang.
“Semoga menjadi pendorong dan bermanfaat khususnya guna mengantisipasi musim hujan tiba,” pungkasnya.(rif)

Tags: