Korban Banjir di Kedungbanteng Sidoarjo Alami Gatal Kulit

Akibat genangan air hujan yang tidak surut selama Seminggu ini, di Ds Kedungbanteng Kec Tanggulangin, banyak warga alami gatal-gatal kulit karena air yang kotor. [alikus/bhirawa].

Sidoarjo, Bhirawa
Seminggu lebih wilayahnya tergenang banjir akibat tiap hari hujan dan intensifnya tinggi, warga Desa Kedungbanteng Kec Tanggulangin, mulai ada yang mengalami gatal-gatal pada beberapa bagian tubuhnya.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, drg Syaf Satriawarman SpPros, mengatakan petugas Posko kesehatan dari Puskesmas Tanggulangin, banyak menerima warga yang berobat  dari kalangan anak-anak.
“Banyak kalangan anak kecilnya yang alami gatal-gatal kulit,” jelas drg Syaf, Senin (27/1) kemarin.
Menurut ia, sebenarnya penyakit gatal kulit ini tidak bahaya. Namun bila dibiarkan, akan bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Penyakit ini muncul karena genangan air yang kotor.
Yang dikhawatirkan dan akan dicegah, kata drg Syaf, jangan sampai kejadian ini menimbulkan penyakit ispa atau inspeksi saluran pernapasan akut dan wabah diare. Wargapun sudah diberikan pengarahan,  apabila terkena genangan air hujan, supaya segera mencucinya dengan air bersih.
“Mudah-mudahan genangan air ini cepat surut,” katanya.
Sejumlah obat yang disediakan petugas yang ada di Posko kesehatan, kata drg Syaf, yakni untuk obat gatal-gatal berupa anti histamin, salep dan anti jamur.
Sedangkan untuk penyakit diare, berupa anti diare. 
Untuk sementara di Posko kesehatan itu, hanya cukup dihandle petugas dari Puskesmas Kec Tanggulangin saja. Satu dokter, satu perawat dan satu petugas bagian obat. Tidak sampai ada petugas dari Dinkes Sidoarjo.
Posko yang didirikan di Kantor Balai Desa Kedungbanteng tersebut, menurut drg Syaf, melayani mulai jam kerja sampai sore hari. Posko ini nantinya akan ditutup, apabila memang sudah tidak ada lagi warga setempat yang berkunjung untuk berobat.
“Informasi pada Senin (27/1) kemarin, memang masih ada genangan, tapi tidak sampai masuk kedalam rumah warga,” ujarnya. (kus)

Tags: