Korem 084/BJ Pastikan Kesiapan Personel BKO PAM Pemilu 2024

Apel kesiapan personel Korem 084/BJ dalam BKO pengamanan Pemilu 2024, Senin (12/2).

Surabaya, Bhirawa.
Korem 084/Bhaskara Jaya memastikan kesiapan personel yang di BKO kan dalam rangka mendukung Polri dalam pengamanan (PAM) pelaksanaan Pemilu 2024. Pengecekan kesiapan personel dan peralatan pendukung ini dilakukan melalui apel gelar pasukan Korem 084/Bhaskara Jaya, Senin (12/2).

Dipimpin oleh Kepala Staf Korem (Kasrem) 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Inf Budhi Utomo, apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan antisipasi perkembangan situasi di wilayah Korem 084/Bhaskara Jaya berlangsung di Lapangan Makorem 084/BJ. Dengam fokus utamanya adalah menjaga keamanan wilayah menjelang masa pencoblosan, saat pencoblosan dan pasca pencoblosan pada Pemilu 2024.

Dalam amanat tertulis Danrem 084/BJ yang dibacakan Kasrem 084/BJ menyatakan, sesuai Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004, tugas TNI adalah menegakan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Kemudian melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

“Apel ini dilakukan untuk mengecek kesiapan personel dan materiil yang akan dikerahkan dalam tugas perbantuan pengamanan oleh Polri pada Pemilu 2024. Utamanya mengantisipasi kerawanan-kerawanan yang mungkin akan timbul menjelang masa pencoblosan, saat pencoblosan maupun setelah pelaksanaan pencoblosan,” kata Kasrem membacakan amanat Danrem 084/BJ.

Tugas TNI tersebut, sambung Kasrem, dilakukan dengan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Salah satu tugas yang dilakukan dalam OMSP yaitu membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam Undang-undang.

Pihaknya pun memberikan beberapa penekanan kepada para personel. Diantaranya adalah pengamanan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku guna. Tujuannya untuk menjamin kegiatan berjalan efektif dan mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan.

Kemudian, lanjutnya, para Dansat memiliki kepedulian, konsekuen dan bertanggung jawab. Yang terpenting juga adalah pencegahan akan adanya penyimpangan-penyimpangan. Serta selalu memperhatikan faktor keamanan personel dan materiil dalam setiap kegiatan.

“Cegah dan hindari kerugian yang tidak perlu. Kemudian adakan koordinasi dengan semua pihak yang terkait untuk kelancaran penyelenggaraan kegiatan,” pungkasnya.

Diketahui, dalam apel gelar personel yang berlangsung di Korem 084/Bhaskara Jaya ini dihadiri diantaranya para Kasi Kasrem 084/BJ. Kemudian para Dandim wilayah Kota Surabaya, Dandim Sidoarjo, Dandim Gresik dan para Kabalakrem 084/BJ. [bed.bb]

Tags: