Korpri Kabupaten Situbondo Santuni Yatim, Janda dan Pensiunan

KH Zaki Abdullah didampingi pengurus Korpri Situbondo saat menyerahkan santunan kepada ASN yang memasuki masa pensiun Senin (30/11). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Guna untuk menyemarakkan rangkaian puncak HUT Korpri ke-49, jajaran pengurus Korpri Kabupaten Situbondo mengadakan serangkaian acara yang dimulai sejak 21-30 Nopember 2020. Sejumlah kegiatan tersebut diantaranya, bersih-bersih pantai dan bakti sosial dengan melibatkan ratusan peserta di TPI Kilensari Panarukan. Hadir diantaranya penguus Korpri, Kepala OPD dan Camat serta kalangan masyarakat setempat.

Menurut Ketua panitia acara Naning Sugiarti, sasaran baksos diantaranya masyarakat yang terkonfirmasi positif covid di Kecamatan Panarukan sebanyak 113 orang. Mereka, kata Naning diberi paket sembako yang secara simbolis diterima keluarga yang meninggal karena Covid-19.

Selain itu, ujar Naning, khusus untuk 8 orang confirm meninggal diberi paket sembako dan ditambah pemberian uang santunan per orang sebesar Rp 500.000 dan ASN Rp 1.000.000. “Yang hadir diantaranya pengurus Korpri dan komunitas pecinta alam,” imbuh Naning.

Selain itu, jelas Naning, panitia juga mengadakan kegiatan pertemuan ilmiah pemulasaran jenazah yang dihelat pada 24 Nopember 2020 lalu di Intelligence Room Pemkab Situbondo. Dalam kegiatan ini, akunya, dikupas tentang tata cara dan pentingnya pemulasaran jenazah.

Lalu, imbuh Naning lagi, panitia menyelenggarakan aneka lomba pengucapan panca prasetya Korpri, lomba vlog, foto atau filler virtual. “Khusus acara gowes ditiadakan karena berbarengan dengan wafatnya Bupati Situbondo Dadang Wigiarto. Acara diganti dengan pengajian dan doa bersama,” urai Naning.

Masih kata Naning, panitia HUT Korpri mengadakan pertemuan ilmiah dan pemberian penghargaan pada pensiunan yang dihelat di halaman belakang Pemkab Situbondo, Senin (30/11). Pada kegiatan ini, ungkap Naning, panitia juga menyerahkan santunan kepada anak yatim, janda dan pensiunan. “Panitia juga memberikan hadiah kepada pemenang lomba Panca Prasetya Korpri dan lomba vlog, foto atau filler virtual serta pemenang KBK dan Kompetisi Pelayanan Publik,” ujar Naning.

Naning kembali menerangkan, sasaran penerima penghargaan atau tali asih sebanyak 339 orang yang terdiri dari ASN pensiun TMT Oktober-Desember 2020 sebanyak 58 orang dan ASN yang akan pensiun tahun 2021 sebanyak 281 orang.

“Kami juga mengadakan kegiatan khotmil Qur’an di masing-masing OPD, Kecamatan serta BUMD. Para anak yatim dan janda semuanya menerima santunan dan paket sembako,” pungkas wanita yang kini menjabat sebagai Sekretaris Bappeda Kabupaten Situbondo.[awi]

Tags: