KORPRI Pemkab Tuban Peduli Pencegahan Covid-19

Bupati Tuban H Fathul Huda saat menerima bantuan secara simbolis dari Ketua PSMTI Tuban, Pepeng Putrawirawan di Halaman Rumah Dinas Bupati Komplek Pendopo Krido Manunggal Tuban

Tuban, Bhirawa
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) berupa100 APD dan 1.000 masker.
Bertempat di Posko Gugus Tugas di Jalan Veteran, Tuban, bantuan tersebut diserahkan oleh Drs. M. Nur Hasan, M.Si Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tuban dan diterima oleh Drs. Achmad Amin Sutoyo Asisten Administrasi Umum Setda Tuban.
Tampak hadir pada kegiatan ini Kabag Kesra Tuban dan Sekretaris BKPSDM Tuban. Saat dikonfirmasi Bhirawa, Asisten Administrasi Umum Setda Tuban menyampaikan terima kasih atas kepedulian dari warga KORPRI Tuban terhadap penanganan Covid-19 di Bumi Wali. Bantuan ini akan akan memperkuat posisi Gugus Tugas untuk menangani Covid-19. Juga menambah perlindungan serta kenyamanan tenaga medis.
Ia juga menghimbau pada masyarakat Kabupaten Tuban agar mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Selian itu untuk Warga Tuban yang berada di luar kabupaten Tuban atau Zona Merah diminta untuk tidak mudik sesuai dengan arahan dari pemeritah pusat.
“Berbagai bantuan baik APD akan menjadi sebuah gerakan dan wujud kegotong-royongan warga Kabupaten Tuban, dan bantuan sembako serta logistik lain akan dibutuhkan warga” jelasnya.
Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Tuban, Drs. M. Nur Hasan, M.Si., menjelaskan bantuan yang diserahkan berasal dari donasi internal anggota KORPRI Kabupaten Tuban. Bantuan juga sebagai wujud kesadaran dan partisipasi terhadap penanganan Covid-19.
“Kami juga telah menyalurkan bantuan paket sembako melalui Baznas Kabupaten Tuban sebanyak 15 juta,” terangnya. Nur Hasan menambahkan ASN Pemkab Tuban yang masih bekerja diminta untuk menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Jika berada di Zona Merah, ASN diminta untuk bekerja dari rumah (work from home). Tidak hanya itu, ikut mengedukasi masyarakat terhadap penerapan protocol Kesehatan di lingkungan masing-masing.
Sebelumnya, komunitas etnis Tionghoa dari Bumi Wani ini yang tergabung dalam Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19, melalui Bupati Tuban H Fathul Huda.
Bantuan yang diserahkan di Pendapa Kridho Manunggal Tuban, Senin (27/4/2020), tersebut berupa 300 APD, dan 2.000 masker. Bupati Tuban, H. Fathul Huda, menyampaikan bantuan ini menjadi kepedulian, dan wujud keberagaman di Kabupaten Tuban. Kepedulian terwujud dengan ikut merasakan penderitaan antar sesama manusia.
“Saya merasa bangga dan berterima kasih atas kontribusi dari temen-temen Tionghoa,” kata Bupati Huda. Ia berharap solidaritas seperti yang dilajuka PSMTI ini harus terus dipertahankan. Upaya tersebut dapat mempererat kerukunan.
“Dari etnis maupun agama apapun, kita adalah satu Indonesia,” tegas Bupati yang juga Mustasyar PCNU Tuban ini. Orang nomor satu di Bumi Wali ini mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Tuban untuk berdoa agar pandemi Covid-19 dapat segera selesai. Dengan demikian, masyarakat akan dapat beraktifitas dengan normal lagi.
Sedangkan Ketua PSMTI Tuban, Pepeng Putrawirawan, menjelaskan, rincian bantuan yang diserahkan terdiri yaitu 100 APD dan 2.000 masker diserahkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban.
Sedangkan sisanya akan dibagikan langsung ke Puskesmas Semanding, Merakurak, Jenu, Tambakboyo dan Bancar. “Masing-masing Puskesmas akan menerima 40 APD dan 100 masker,” ujarnya.
Pepeng menambahkan, selain bantuan tersebut PSMTI juga telah menyalurkan 1.000 paket sembako ke warga terdampak di sejumlah desa dan kelurahan. Paket sembako tersebut terdiri dari 5 kg beras, 1 kg gula, 1 liter minyak, dan 4 mie instan.
”Semoga bantuan yang diserahkan dapat bermanfaat,” pungkas Ketua PSMTI Tuban. [hud]

Tags: