Korpri Sidoarjo Diminta Berbagi Kiat Keberhasilan

5-Korpri_batu-Ach-1Sidoarjo, Bhirawa
Setelah berhasil memperoleh penghargaan Profesional Award Provinsi Jatim secara berturut-turut, mulai tahun 2011 sebagai pemenang III, tahun 2012 sebagai pemenang II dan tahun 2013 sebagai pemenang I. Dewan Pengurus Korpri Diminta memaparkan keberhasilannya.
Dewan Pengurus Korpri Kab Sidoarjo, diminta untuk memaparkan kiat-kiat keberhasilannya dalam melaksanakan program, khususnya kelembagaan Korpri yang berhasil meraih Profesional Award, dihadapan peserta rapat Penguatan Kelembagaan DP Korpri Provinsi Jatim, pada Jumat (20/6) malam di Batu, Malang.
Menurut Ketua Panitia Ir Tamzil Furqon MT yang juga sebagai Kabag Perencanaan Program Korpri Sidoarjo, kalau peserta rapat itu meliputi unit-unit SKPD yang ada di Jatim dan wakil-wakil dari  DP Korpri Kabupaten/Kota se Jatim.
Karena temanya tentang penguatan kelembagaan, kami menghadirkan narasumber Wakil Ketua I DP Korpri Jatim, Dr Akmal Boediono SH MHum MSi dengan materi Eksistensi Kelembagaan Korpri dengan diberlakukannya UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN (Aparatur Sipil Negara).
Selain itu juga menghadirkan Wakil Ketua III Dr Saiful Rachman MM MSpd dengan materi Peningkatan Peran DP KORPRI bagi anggota dan masyarakat. Terakhir dari DP Korpri Kab Sidoarjo dengan materi Kiat-kiat Keberhasilan DP Korpri Kab Sidoarjo dalam melaksanakan programny, khususnya keberhasilan kelembagaan Korpri meraih juara pertama Profesional Award 2013.
Ketua II DP Korpri Sidoarjo, Ir Sigit Setyawan MT yang mewakili Ketua I Vino Rudi Muntiawan SH telah memaparkan beberapa program yang berhasil dilakukan Kab Sidoarjo, diantaranya peningkatan kerjasama dengan pihak ketiga, peningkatan sumberdaya aparatur, pengembangan nilai budaya. Juga peningkatan kerukunan antar umat beragama, bantuan dan pembinaan agamanya. ”Termasuk peningkatan upaya penumbuhan kewirausahaan dan kecukupan hidup pemuda, juga bantuan hukum dan penataan peraturan PerUU-an,” paparnya.
Adapun permasalahannya, pengurus Korpri juga merupakan pejabat atau staf pada SKPD, sehingga lebih kosentrasi pada tugas pokoknya. Pelaksanaan program kerja Korpri juga masih kurang maksimal. Sampai pada dukungan anggaran yang minim apabila hanya mengandalkan¬† iuran dari anggota. ”Maka Pemkab Sidoarjo memberikan anggaran melalui DPA-SKPD 2013 sebesar Rp710 juta, tahun 2014 sebesar Rp777 juta,” jelas Kadis PU Bina Marga.
Semua itu telah dilakukan atau digunakan untuk beberapa kegaitan dengan rincian yang sangat transparan. Pengurus juga membagikan copy penggunaan anggaran kepada anggota. Tujuannya agar mereka juga mengetahui kalau selama ini anggaran yang telah terkumpul juga kembali lagi kepada anggota,” pungkas Sigit Setyawan. [ach]

Keterangan Foto : Wakil Ketua II DP Korpri Sidoarjo Ir Sigit Setyawan saat memberikan paparan. [achmad suprayogi/bhirawa]

Tags: