Kota Batu Block Office Lakukan Pematangan Lahan

Kota Batu Block OfficeKota Batu, Bhirawa
Pembangunan gedung perkantoran terpadu Kota Batu Block Office (BO) saat ini sudah dimulai dengan pekerjaan pematangan lahan. Sesuai kontak pembangunan block B hingga I, serta penyelesaian block A akan dikerjakan total dalam waktu 400 hari.
Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR), Arif Setyawan mengatakan, bahwa pihaknya telah mencairkan 15 persen dari total nilai kontrak Rp173,5 miliar atau senilai Rp26,025 miliar sebagai uang muka. Karena dikerjakan secara multiyears, maka dalam tahun 2015, anggaran pelunasan pembangunan BO mencapai Rp147,475 milyar. “Pembayarannya menggunakan sistem opname atau many certificate, yaitu dibayar sesuai progres pekerjaan. Dan pencairannya bisa dilakukan perbulan, tidak harus menggunakan termin,” tutur Arif.
Dengan sistem pembayaran yang dilakukan sesuai dengan kemajuan fisik pembangunan, maka diharapkan pembayaran yang dilakukan tidak melampui progres dari pembangunan fisik BO. “Ada sisi keuntungan yang kita peroleh dengan sistem pembayaran ini, dimana pembayaran proyek tidak menumpuk di akhir pekerjaan. Selain itu progresnya juga biar jelas dan diketahui,” tandasnya. [sup]

Tags: