Kota Batu Layak Jadi Tempat Puslat Kontestan Piala Dunia Sepak Bola U-20

Suasana alam yang sejuk dan nyaman, serta banyaknya hotel berbintang membuat Kota Batu layak jadi tempat Puslat Even Olah Raga Tingkat Internasonal. [anas bahtiar]

Kota Batu, Bhirawa
KONI Kota Batu mengincar para kontestan Piala Dunia Sepak Bola 2021 U-20 yang akan digelar di Indonesia. KONI menawarkan federasi agar Kota Batu dijadikan tempat Pemusatan Latihan (Puslat) dari salah satu negara kontestan Piala Dunia ini. Suasana alam yang sejuk dan banyaknya hotel berbintang maka Kota Batu sangat layak menjadi tempat Puslat. Salah satu tempat Puslat yang ditawarkan di lapangan Kusuma Agro Wisata.
“Kota Batu telah menawarkan kepada FIFA bahwa di sini layak untuk dijadikan tempat Puslat Tim Sepak Bola. Dengan banyak fasilitasnya seperti hotel bintang lima, serta lapangan berkualiatas juga telah tersedia,” ujar Ketua KONI Kota Batu, Mahfud, Senin (23/11).
Mahfud menjelaskan, penawaran ini telah mendapat perhatian dari salah negara kontestan asal Timur Tengah. Mereka menyatakan minatnya untuk menyelenggarakan Puslat Timnya di Kota Batu. Rencananya, tim ini akan menjalani pemusatan latihan selama enam bulan di kota ini.
“Mungkin awal – awal tahun 2021 mereka sudah ada disini. Asalkan piala dunia U-20 2021 tidak mundur pelaksanaannya,” tambah Mahfud.
Untuk mendukung hal ini, pihaknya berharap agar pemkot juga memberikan perhatian lebih terhadap keberadaan tempat – tempat olah raga, terutama lapangan sepak bola. Hal ini dibutuhkan sekaligus untuk mempromosikan Kota Batu ke dunia olah raga internasional.
Mahfud menambahkan, event Piala Dunia 2021 tidak hanya menjadi ajang mengejar prestasi saja. Namun juga untuk mengejar pencapaian sport tourism Kota Batu.
Diketahui, sport tourism telah digagas KONI Kota Batu saat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 pada 9 September lalu. Sport tourism atau wisata olah raga bisa dihadirkan dengan menyelenggarakan even olah raga di Kota Batu. Seperti penyelenggaraan Kejurprov dan Kejurda ataupun even olah raga mulai tingkat regional, nasional, hingga internasional
“Karena event olah raga pasti diikuti ratusan bahkan ribuan atlet, mungkin bisa seminggu atau lebih berada di Kota Batu. Pastinya, hal itu sudah memacu keinginan mereka untuk berlibur mengunjungi destinasi wisata,” jelas Mahfud.
Di Kota Batu kini telah ada tempat untuk mensuport sport event dan sport recreation. Yaitu, paralayang, downhill, dan arung jeram. Dan untuk even intyernasional paralayang dan downhill sudah beberapa kali digelar di Kota Batu. [nas]

Tags: